PENGADAAN DAN PENDISTRIBUSIAN PERLENGKAPAN SEKOLAH


MAKALAH
UNTUK MEMENUHI TUGAS MATAKULIAH 
Manajemen Sarana dan Prasarana
yang dibina oleh Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal., M.Pd. 



oleh

Novita Rahayu
140131603678




 



UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Februari 2016


DAFTAR ISI



DAFTAR ISI i
DAFTAR LAMPIRAN ii

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang 1
B. Rumusan Masalah 2
C. Tujuan 2

BAB II PEMBAHASAN

A. Pengertian Sarana dan Prasarana Pendidikan 3
B. Pengadaan Sarana dan Prasarana Pendidikan 3
C. Jenis-Jenis Pengadaan Sarana dan Prasarana 6
D. Proses Pengadaan Sarana dan Prasarana 9
E. Tujuan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Sekolah 14 
F. Pendistribusian Perlengkapan Sarana dan Prasarana 
di Sekolah 15

BAB III PENUTUP

A. Kesimpulan 18
B. Saran  18

DAFTAR RUJUKAN 19
LAMPIRAN 20
 
DAFTAR LAMPIRAN 

         Halaman
Lampiran 1a:   Halaman sampul buku Manajemen Perlengkapan 
Sekolah: Teori dan Aplikasi 20

Lampiran 1b:   Halaman isi buku Manajemen Perlengkapan 
Sekolah: Teori dan Aplikasi 21

Lampiran 2a:   Halaman sampul buku Dimensi Administrasi 
Pendidikan di Sekolah 22

Lampiran 2b:  Halaman isi buku Dimensi Administrasi 
Pendidikan di Sekolah 23

Lampiran 3a:  Halaman sampul buku Pengantar Operasional 
AdministrasiPendidikan 24

Lampiran 3b:  Halaman isi Pengantar Operasional 
AdministrasiPendidikan  25

Lampiran 4a:   Halaman sampul buku Administrasi Sekolah: Administrasi 
Pendidikan Mikro  26

Lampiran 4b:   Halaman isi Administrasi Sekolah: Administrasi 
Pendidikan Mikro  27




BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
Sarana dan prasarana merupakan salah satu sumber daya yang sangat penting dan utama dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah, untuk itu perlu dilakukan pengoptimalan dalam pendayagunaan dan pengelolaannya, agar apa yang telah direncanakan dapat tercapai dengan baik. Pada saat ini telah diberlakukan otonomi daerah yang menyebabkan perubahan pada pola pendekatan menajemen sekolah.
Untuk itu pemerintah mengeluarkan PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan diamana dalam PP tersebut juga mengatur mengenai standar sarana dan prasarana pendidikan secara nasional pada bab VII pasal 42 yang secara tegas disebutkan bahwa : (1) Setiap satuan pendidikan wajib memiliki sarana yang meliputi perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber belajar lainnya, bahan habis pakai, serta perlengkapan lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan. (2) Setiap satuan pendidikan wajib memiliki prasarana yang meliputi lahan, ruang kelas, ruang pimpinan satuan pendidikan, ruang pendidik, ruang tata usaha, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, ruang bengkel kerja, ruang unit produksi, ruang kantin, instalasi daya dan jasa, tempat berolah raga, tempat beribadah, tempat bermain, tempat bekreasi, dan ruang/tempat lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur.
Agar sarana pendidikan dapat difungsikan dengan baik, maka diperlukan manajemen sarana dan prasarana pendidikan. Dengan adanya manajemen sarana dan prasarana pendidikan, maka sekolah akan mampu mengelola sarana dan prasarana pendidikan secara lebih terkonsep dan terarah.


B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian manajemen sarana dan prasarana pendidikan?
2. Bagaimana pengadaan sarana dan prasarana pendidikan?
3. Apa Jenis-Jenis Pengadaan Sarana dan Prasarana?
4. Bagaimana proses pengadaan sarana dan prasarana pendidikan?
5. Apa tujuan pengelolaan sarana dan prasarana sekolah?
6. Bagaiman pendistribusian perlengkapan sarana dan prasarana di sekolah?
C. Tujuan
1. Mengetahui pengertian manajemen sarana dan prasarana pendidikan.
2. Mengetahui pengadaan sarana dan prasarana pendidikan.
3. Mengetahui jenis-jenis pengadaan sarana dan prasarana.
4. Mengetahui proses pengadaan sarana dan prasarana pendidikan.
5. Mengetahui tujuan pengelolaan sarana dan prasarana sekolah.
6. Mengetahui pendistribusian perlengkapan sarana dan prasarana di sekolah.









BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Sarana dan Prasarana pendidikan.
Dalam khazanah peristilahan pendidikan sering disebut istilah sarana dan prasarana pendidikan. Kerap kali istilah itu digabung begitu saja menjadi sarana-prasarana pendidikan. Dalam bahasa Inggris sarana dan prasarana itu disebut dengan facility (facilities). Jadi, sarana dan prasarana pendidikan akan disebut educational facilities. Sebutan itu jika diadopsi ke dalam bahasa Indonesia akan menjadi fasilitas pendidikan. Fasilitas pendidikan artinya segala sesuatu (alat dan barang) yang memfasilitasi (memberikan kemudahan) dalam menyelenggarakan kegiatan pendidikan. 
Sarana pendidikan sebagai segala macam alat yang digunakan secara langsung dalam proses pendidikan. Sementara prasarana pendidikan adalah segala macam alat yang tidak secara langsung digunakan dalam proses pendidikan. Sarana pendidikan adalah segala macam alat yang digunakan dalam kegiatan belajar-mengajar, sementara prasarana pendidikan tidak digunakan dalam proses atau kegiatan belajar-mengajar tetapi mendukung kegiatan belajar mengajar.
B. Pengadaan Sarana dan Prasarana pendidikan
1. Tujuan Pengadaan Sarana dan Prasarana
Aktivitas pertama dalam manajemen sarana prasarana pendidikan adalah pengadaan sarana prasarana pendidikan. Pengadaan perlengkapan pendidikan biasanya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan perkembangan pendidikan di suatu sekolah menggantikan barang-barang yang rusak, hilang, di hapuskan, atau sebab-sebab lain yang dapat di pertanggung jawabkan sehingga memerlukan pergantian, dan untuk menjaga tingkat persediaan barang setiap tahun dan anggaran mendatang. Pengadaan perlengkapan pendidikan seharusnya di rencanakan dengan hati-hati sehingga semua pengadaan perlengkapan sekolah itu selalu sesuai dengan pemenuhan kebutuhan di sekolah.
2. Langkah- langkah Perencanaan Pengadaan Sarana dan Prasarana
a. Menampung semua usulan pengadaan perlengkapan sekolah yang diajukan oleh setiap unit kerja dan atau menginventarisasi kekurangan perlengkapan sekolah.
b. Menyusun rencana kebutuhan perlengkapan sekolah untuk periode tertentu, misalnya untuk satu semester atau satu tahun ajaran.
c. Memadukan rencana kebutuhan yang telah disusun dengan perlengkapan yang tersedia sebelumnya.
d.  Memadukan rencana kebutuhan dengan dana atau anggaran sekolah yang tersedia. bila dana yang tersedia tidak memadai untuk mengadakan kebutuhan tersebut, maka perlu dilakukan seleksi terhadap semua kebutuhan perlengkapan yang telah direncanakan dengan melihat urgensi setiap perlengakapan yang dibutuhkan. Semua perlengkapan yang urgen segera di daftar
e. Memadukan rencana (daftar) kebutuhan perlengkapan yang urgen dengan dana atau anggaran yang tersedia bila ternyata masih melebihi anggaran yang tersedia, maka perlu dilakukan seleksi lagi dengan cara membuat skala prioritas.
f. Menetapan rencana pengadaan akhir.
Adapun proses pengadaan sarana dan prasarana pendidikan ada beberapa kemungkinan yang bisa ditempuh yaitu:
a. Pembelian dengan biaya pemerintah.
b. Pembelian dengan biaya dari SPP.
c. Bantuan dari BP3, dan
d. Bantuan dari masyarakat.

Beberapa ahli telah mengemukakan pendapatnya tentang definisi pengadaan yang telah penulis kumpulkan sebagai berikut:
1. Menurut Minarti (2011:258) “Pengadaan adalah kegiatan yang dilakukan untuk menyediakan semua jenis sarana prasarana pendidikan persekolahan yang sesuai dengan kebutuhan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan”.
2. Menurut Sahertian (1985:176) pengertian pengadaan adalah “Semua kegiatan penyediaan perlengkapan untuk menunjang pelaksanaan tugas sekolah”. 
3. Menurut Gunawan (dalam Minarti, 2011) “Pengadaan sebagai segala kegiatan untuk menyediakan semua keperluan barang/benda/jasa bagi keperluan pelaksanaan tugas”.
Berdasarkan pendapat para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa pengadaan adalah kegiatan penyediaan semua jenis sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan pendidikan yang berlangsung di sekolah dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Pengadaan sarana prasarana harus disesuaikan dengan kebutuhan, baik berkaitan dengan jenis dan spesifikasi, jumlah, waktu maupun tempat, dengan harga, maupun sumber yang dapat dipertanggungjawabkan hal ini sesuai yang dijelaskan Minarti (2011:259). Berkenaan dengan pengadaan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah ada tiga hal yang perlu dipahami.  Tim Pakar Manajemen Pendidikan (2003: 88) menyebutkan:
Pertama, bahwa pengadaan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah harus melalui perencanaan yang hati-hati. Kedua, bahwa banyak cara dalam pengadaan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah. Ketiga, bahwa pengadaan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah harus diadministrasikan dengan tertib sehingga semua pengeluaran uang yang berkenaan dengan pengadaan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah itu dapat dipertanggungjawabkan baik kepada pemerintah, yayasan pembina, maupun masyarakat.
Berdasarkan pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengadaan berkaitan dengan tiga hal yang penting yaitu perencanaan, cara pengadaan dan administrasi untuk pertanggungjawabannya. 
Kegiatan yang dilaksanakan dalam pengadaan serta pemeliharaannya merupakan tanggung jawab kepala sekolah. Sehingga perlu mengetahui prinsip-prinsip pengadaan sekaligus pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah tersebut, seperti yang dijelaskan Soetopo dan Sumanto (1982:208) terdapat enam  prinsip antara lain:
1. Bahwa semua orang yang ikut menggunakan secara teratur mengenai peralatan tersebut haruslah dilibatkan dalam proses pemilihan.
2. Peralatan sekolah hendaknya serasi dengan interest kebutuhan dan kematangan anak. Peralatan tersebut haruslah mudah dipindahkan sehingga mudah diatur.
3. Ukuran peralatan sebaiknya disesuaikan dengan keadaan murid, maka di sini dalam rangka pengadaan peralatan sekolah dibuat yang berbeda-beda setiap kelas sehingga dapat disesuaikan dengan peradaban besar kecilnya anak.
4. Lebih baik yang bervariasi maksudnya peralatan ini bentuk dan ukurannya berbeda sehingga lebih menarik dan mudah disesuaikan dengan kepentingan kelas tersebut.
5. Semua kelas hendaklah tidak diberi peralatan yang sama persis. Maka semakin berbeda tingkatnya sehingga berbeda pula tentang peralatannya misal TK lain dengan tingkat yang lebih tinggi.
6. Kemudian dengan peralatan yang akan dibeli haruslah diperhatikan.

Meskipun yang bertanggung jawab adalah kepala sekolah, akan tetapi staf, guru dan siswa juga ikut menggunakannya sehingga alangkah baiknya jika menjadi tanggung jawab bersama. 

C. Jenis-Jenis Pengadaan Sarana dan Prasarana
Menurut Gunawan (1996: 137) ada beberapa jenis pengadaan, yaitu tercantum sebagai berikut:
1. Pengadaan Tanah
Pengadaan tanah sendiri dapat dilaksanakan dengan memperhatikan beberapa komponen, diantaranya adalah memperhatikan persyaratanbagi tanah yang akan dibeli, penyelesaian pembelian tanah sesuai dengan prosedur kegiatan yang penting, tata cara menerima hibah tanah, tata cara menerima hak pakai, dan tata cara penukaran tanah.
2. Pengadaan Bangunan
Untuk pengadaan bangunan ini dapat dilaksanakan dengan membangun atau mendirikan bangunan baru, membeli, menyewa, menerima hibah atau menukar
3. Pengadaan Perabot
Cara pengadaan perabot dilakukan dengan membeli, membuat sendiri atau menerima bantuan atau sumbangan.
a. Membeli perabotan dapat berwujud barang jadi (readystock) dan membeli dengan pesanan yang sesuai dengan syarat ukuran anatomis, teknis kontruksi, dan kualitas bahan.
b. Membuat sendiri dapat dimungkinkan dalam rangka praktek serta disesuaikan dengan biaya dan kemampuan yang tersedia.
c. Menerima bantuan atau sumbangan dari donator seperti BP3 yang bersifat tidak mengikat, dilaksanakan dengan proses verbal
4. Pengadaan Alat Trasportasi atau Kendaraan
Yang dimaksud dengan kendaraan adalah alat angkut orang atau barang di darat, di air dan di udara. Khusus untuk sekolah hanya menggunakan kendaraan di darat dan di air(sesuai dengan letak geografis sekolah).  Kendaraan yang dimaksud di sini seperti mobil, sepeda motor, sepedah dll. Dewasa ini pengadaan kendaraan untuk sekolah telah dilakukan oleh pemerintah pusat.
5. Pengadaan Sarana Pendidikan, Alat-Alat Kantor dan Alat Tulis Kantot (ATK)
Pengadaan sarana pendidikan dapat diadakan sesuai dengan kebutuhan sekolah. Yang termasuk dalam sarana pendidikan adalah alat pelajaran, alat peraga, media dan alat praktikum), sedangkan alat kantor adalah mesin ketik, mesin hitung, sapu, kemonceng dan lain sebagainya. Sedangkan yang termasuk dalam ATK adalah kertas, tinta, pensil, map, printer dll. Kekurangan ATK dalam jumlah kecil dapat diadakan atau dibeli dengan melalui dana taktis. Pengadaan buku atau benda grafis lainya dapat diadakan dengan membuat sendiri, menerima bantuan, hadiah dan hibah.

Menurut Sahertian (1987: 117) dilihat dari segi asal, maka ada beberapa jenis pengadaan, yaitu:
1. Dilihat Dari Segi Asal Datangnya Barang
a. Pengadaan dalam negeri yang dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
1) Tender 
Yaitu cara pengadaan barang yang dilakukan dengan rekanan atau supplier yang bergerak dibidangnya secara kompetitif.
2) Perbandingan penawaran
Yaitu cara pengadaan barang yang dilakukan dengan mengadakan perbandingan penawaran diantara rekan yang menjual produk yang dibutuhkan sekolah.
3) Pembelian langsung
Yaitu pengadaan dengan melakukan pembelian secara langsung untuk memenuhi kebutuhan dalam jumlah kecil.
4) Penunjukan
Pengadaan barang yang dibutuhkan sekolah dengan menunjuk tender secara langsung tanpa ada perbandingan dengan tender lain.
b. Pengadaan luar negeri , yang pada intinya bersifat import dan diselenggarakan oleh pemerintah
2. Dilihat dari jenis barang
a. Pengadaan buku pelajaran
Yaitu buku-buku yang diperlukan oleh sekolah, seperti buku pelajaran, bacaan, bacaan pelajaran, ensiklopedia, kamus dan majalah pendidikan. Pengadaan buku disini dapat dilakukan dengan cara 
1) Membeli ,baik melalui pembelian langsung, lewat penyalur, dan pembelian buku import.
2) Menerbitkan sendiri
3) Menerima bantuan.
b. Pengadaan alat kantor
Yaitu pengadaan alat-alat yang biasa digunakan dalam suatu kegiatan kantor.  Contoh : printer, kertas, tinta, dan alat-alat kebersihan.
c. Pengadaan perabotan
Yaitu pengadaan barang-barang rumah tangga yang fungsinya sebagai tempat penyimpanan atau pengamanan dari alat-alat atau, bahan antara lain, meja tulis, kursi, almari, rak, filling cabinet, dan brangkas.
d. Pengadaan bangunan
Pengadaan bangunan dapat dilakukan dengan cara membeli bangunan, membangun bangunan baru, menyewa bangunan, menerima hibah bangunan, dan menukar bangunan.

e. Pengadaan tanah
Pengadaan tanah dapat dilakukan dengan cara membeli, menerima hibah, menerima hak pakai.

D. Proses Pengadaan Sarana dan Prasarana
1. Perencanaan Pengadaan Sarana dan Prasarana
Pengadaan barang harus direncanakan dengan hati-hati agar pengadaannya sesuai dengan apa yang diharapkan serta memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana di sekolah. Perencanaan sarana prasarana sendiri memiliki pengertian “Perencanaan sarana dan prasarana pendidikan dapat didefinisikan sebagai suatu proses memikirkan dan menetapkan program pengadaan fasilitas sekolah, baik yang berbentuk sarana maupun prasarana pendidikan di masa yang akan datang untuk mencapai tujuan tertentu” (Tim Pakar Manajemen Pendidikan, 2003: 88). Kegiatan perencanaan pengadaan sarana dan prasarana pendidikan harus jelas dan rinci, baik jumlah, jenis, merk, maupun harganya. 

Menurut Bafadal, 2003:88) mendeskripsikan langkah-langkah perencanaan  pengadaan perlengkapan pendidikan di sekolah sebagai berikut:
a. Menampung semua usulan pengadaan perlengkapan sekolah yang diajukan oleh setiap unit kerja dan atau menginventarisasi kekurangan perlengkapan sekolah.
b. Menyusun rencana kebutuhan perlengkapan sekolah dengan untuk periode tertentu, misalnya untuk satu triwulan atau satu tahun ajaran.
c. Memadukan rencana kebutuhan yang telah disusun dengan perlengkapan yang tersedia sebelumnya.
d. Memadukan rencana kebutuhan dengan dana atau anggaran sekolah yang tersedia. Apabila dana yang tersedia tidak mencukupi untuk pengadaan semua kebutuhan itu, maka perlu dilakukan seleksi terhadap semua kebutuhan perlengkapan yang telah direncanakan dengan melihat urgensi setiap perlengkapan yang dibutuhkan. Semua perlengkapan yang urgen segera didaftar.
e. Memadukan rencana (daftar) kebutuhan perlengkapan yang urgen dengan dana atau anggaran yang tersedia. Apabila ternyata masih melebihi dari anggaran yang tersedia, maka perlu dilakukan seleksi lagi dengan cara membuat skala priorotas.
f. Penetapan rencana pengadaan akhir.
2. Cara Pengadaan Sarana dan Prasarana Pendidikan
Seringkali sekolah mendapatkan bantuan sarana dan prasarana pendidikan dari pemerintah. Namun, jumlah bantuan tersebut biasanya terbatas dan tidak selalu ada, sehingga pengelola sarana dan prasarana pendidikan dituntut juga untuk mengusahakannya dengan cara lain. 

Ada beberapa alternatif cara dalam pengadaan sarana dan prasarana pendidikan persekolahan yang bisa dijadikan pilihan dalam pengadaan sarana dan prasarana. Menurut Minarti (2011:261-263) beberapa alternatif cara pengadaan sarana dan prasarana pendidikan persekolahan tersebut adalah sebagai berikut:
a. Pembelian
Pembelian merupakan cara pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan persekolahan dengan jalan sekolah membayar sejumlah uang tertentu kepada penjual atau penyalur untuk dapat mendapat sejumlah sarana dan prasarana sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak. Pembelian dilakukan apabila anggarannya tersedia. Pengadaan sarana dan prasarana dengan cara pembelian ini merupakan salah satu cara yang dominan dilakukan sekolah dewasa ini. 
b. Pembuatan sendiri
Pembuatan sendiri merupakan cara pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan persekolahan dengan jalan membuat sendiri yang biasanya dilakukan oleh guru, siswa, atau pegawai. Pemilihan cara ini harus mempertimbangkan tingkat efektifitas dan efisiensinya apabila dibandingkan dengan cara pengadaan sarana dan prasarana pendidikan yang lain. Pembuatan sendiri biasanya dilakukan terhadap sarana dan prasarana pendidikan yang sifatnya sederhana dan murah, misalnya alat-alat peraga yang dibuat oleh guru peserta didik.

c. Penerimaan hibah atau bantuan
Penerimaan hibah atau bantuan merupakan cara pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan persekolahan dengan jalan pemberian secara cuma-cuma dari pihak lain. Penerimaan hibah atau bantuan harus dilakukan dengan membuat berita acara.

d. Penyewaan
Penyewaan adalah cara pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan persekolahan dengan jalan pemanfaatan sementara barang milik pihak lain untuk kepentingan sekolah dengan cara membayar berdasarkan perjanjian sewa-menyewa. Pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan dengan cara ini hendaknya dilakukan apabila kebutuhan sarana dan prasarana bersifat sementara dan temporer.

e. Pinjaman
Pinjaman merupakan penggunaaan barang secara cuma-cuma untuk sementara waktu dari pihak lain untuk kepentingan sekolah berdasarkan perjanjiam pinjam-meminjam. Pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan dengan cara ini hendaknya dilakukan apabila kebutuhan sarana dan prasarana bersifat sementara dan temporer dan harus mempertimbangkan citra baik sekolah yang bersangkutan.

f. Pendaur-ulangan
Pendaur-ulangan adalah pengadaan sarana dan prasarana pendidikan dengan cara memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai menjadi barang yang berguna untuk kepentingan sekolah.

g. Penukaran
Penukaran merupakan cara pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan dengan jalan menukarkan sarana dan prasara yang dimiliki dengan sarana dan prasarana yang dibutuhkan organisasi atau instansi lain. Pemilihan cara pengadaan sarana dan prasarana jenis ini harus mempertimbangkan adanya saling menguntungkan di antara kedua belah pihak dan sarana prasarana yang dipertukarkan harus merupakan sarana prasaraba yang sifatnya berlebihan atau dipandang dan dinilai sudah tidak berdaya guna lagi.

h. Perbaikan atau Rekondisi
Perbaikan merupakan cara pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan dengan jalan memperbaiki sarana dan prasarana yang telah mengalami kerusakan, baik dengan perbaikan satu unit sarana dan prasarana maupun dengan jalan penukaran instrument yang baik di antara instrumen sarana dan prasarana yang rusak sehingga instrument-instrumen yang baik tersebut dapat disatukan dalam satu unit atau beberapa unit, dan pada akhirnya satu atau beberapa unit sarana dan prasarana tersebut dapat dioperasikan atau difungsikan.
Berikut adalah jenis-jenis pengadaan jika dilihat dari jenis barang yang dikemukakan oleh Sahertian (1994:176)
a. Pengadaan Buku-buku Pelajaran 
Yang dimaksudkan dengan buku-buku pelajaran adalah buku-buku yan diperlukan di sekolah. Buku-buku ini meliputi:  buku pelajaran , buku bacaan, buku bacaan pelajaran, buku perpustakaan, kamus, ensiklopedi, dan majalah pendidikan.
b. Pengadaan Alat Kantor
Alat kantor adalah alat-alat yang biasanya digunakan dalam suatu kegiatan kantor yang antara lain meliputi: mesin tik, mesin hitung, mesin stansil, kertas, alat pembersih, dan lain-lainnya. Sedang yang dimaksudkan dengan alat pendidikan adalah alat-alat yang secara fungsional digunakan dalam proses belajar mengajar. Alat-alat ini meliputi: alat peraga, alat praktek, alat laboratorium, alat kesenian, alat olah raga dan lain-lain.
c. Pengadaan Perabot
Perabot adalah barang-barang rumah tangga yang fungsinya sebagai tempat penyimpanan atau pengamanan dari alat-alat atau bahan-bahan yang antara lain meliputi: meja tulis, kursi, almari, rak, filing kabinet, brankas dan lain-lain.
d. Pengadaan Bangunan
Pengadaan bangunan dapat dilakukan dengan cara membangun bangunan baru, membeli bangunan, menyewa bangunan, menerima hibah bangunan, atau menukar bangunan.
e. Pengadaan Tanah
Tanah yang dimiliki sekolah pada awalnya dapat diperoleh dengan cara membeli, menerima hibah, menerima hak pakai, serta melakukan pemekaran tanah.
Semua tahap pengadaan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah tersebut harus dibingkai oleh rasa tanggung jawab sekolah. Begitu pula dalam metode atau cara pengadaan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah tidak lepas dari pertanggungjawaban pihak sekolah. Oleh karena itu, setiap usaha untuk mengadakan barang, termasuk prasarana, tidak dapat dilakukan sendiri oleh kepala sekolah atau bendahara. Usaha pengadaan yang dilakukan bersama akan memungkinkan pelaksanaannya lebih baik dan dapat dipertanggungjawabkan.
Dalam bukunya Sahertian(1994), menambakan tentang langkah-langkah dalam pengeloalaan administrasi saran dan prasarana sekolah tadi, yaitu pengadaan atau perencanaan biaya yang meliputi :
a. Biaya pengadaan
b. Biaya penyimpanan
c. Biaya penyaluran
d. Biaya penginventasrisasi
e. Biaya pengapusan
Adapun prosedur yang harus dilakukan untuk menyusun rencana anggaran sampai menjadi anggaran adalah sebagai berikut :
a. Setiap tahun Kepala Kantor/Satuan Kerja/Pimpinan Proyek mengajukan rencana anggaran berupa DUK (daftar usulan kegiatan) atau DUP (daftar usulan proyek) unutk tahun mendatang kepada menteri, ketua yang bersangkutan melalui atasannya.
b. DUK dan DUP yang diterima Departemen Lembaga yang bersangkutan diproses, kemudian diajukan kepada Menteri Keuangan dan Ketua Bappenas.

Perlunya tata letak perlengkapan atau sarana dan prasarana sekolah. Penataan semua sarana dan prasarana sekolah itu harus di sesuaikan dengan peran dan fungsi perlengkapan sekolah tersebuat dalam proses dan keberhasilan dalam pencapaian tujuan daris suatu lembaga pendidikan tersebut.

E.    Tujuan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Sekolah
Tujuan pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan, secara umum adalah memberikan fasilitas dan pelayanan  secara professional di bidang sarana dan prasarana di Sekolah dalam rangka terealisasinya proses pendidikan di sekolah secara efektif dan efisien. 

Adapun secara lebih terincinya, yaitu :
1. Untuk mengupayakan pengadaan sarana dan prasarana pendidikan melalui sistem perencanaan dan pengadaan yang hati-hati dan seksama. Dengan perkataan ini, melalui manajemen sarana dan prasarana pendidikan diharapkan semua perlengkapan yang didapatkan oleh sekolah adalah sarana dan prasarana yang berkualitas tinggi, sesuai dengan kebutuhan sekolah, dan dengan dana yang efisien.
2. Mengupayakan pemakaian sarana dan prasarana atau perlengkapan sekolah secara tepat dan efisienng. Dan megupayakan untuk menjamin keselamatan orang atau siswa yang menggunakan peralatan tersebut.
3. Untuk menjamin kesiapan operasional  peralatan untuk mendukung kelancaran pekerjaan sehingga di peroleh hasil yang optimal.
4. Untuk mengupayakan pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah, sehingga keberadaannya selalu dalam kondisi siap pakai dalam setiap diperlukan oleh semua personel sekolah.

F. Pendistribusian Perlengkapan Sarana dan Prasarana di Sekolah
Pendistribusian atau penyaluran merupakan kegiatan pemindahan barang dan tanggung jawab dari seorang penanggung jawab penyimpanan kepada unit-unit atau orang yang membutuhkan barang tersebut. Dalam prosesnya, ada tiga hal yang harus diperhatikan, yaitu ketepatan barang yang disampaikan, baik jumlah maupun jenisnya; ketepatan sasaran penyampaiannya, dan ketepatan kondisi barang yang disalurkan. Dalam rangka itu, paling tidak tiga langkah yang sebaiknya ditempuh oleh bagian penanggung jawab penyimpanan atau penyaluran, yaitu (1) penyusunan alokasi barang; (2) pengiriman barang dan; (3) penyerahan barang.
Barang yang telah diterima diinventarisasi oleh panitia pengadaan, setelah kebenarannya diperiksa berdasarkan daftar yang ada pada surat pengantar, tidak berarti semua personil sekolah dapat menggunakan secara bebas. Barang-barang tersebut perlu diatur lebih lanjut untuk memudahkan pengawasan dan pertanggung jawabannya. Apabila pendistribusiannya tidak diatur dengan sebaiknya, pengelola perlengkapan sekolah akan mengalami kesulitan dalam membuat laporan pertanggung jawabannya.
Dalam kaitan dengan perihal di atas, perlu adanya penyususnan alokasi pendistribusian. Dengan terlebih dahulu dilakukan penyusunan alokasi pendistribusian barang-barang yang telah diterima oleh sekolah yang dapat disalurkan sesuai dengan kebutuhan barang pada bagian-bagian sekolah, dengan melihat kondisi kualitas, dan kuantitas barang yang ada. Semakin jelas alokasinya, semakin jelas pula pelimpahan tanggung jawabnya pada penerima. Dengan demikian, pendistribusiannya lebih mudah dilaksanakan dan dikontrol setiap saat. Tujuan akhir penyusunan alokasi tersebut pada akhirnya adalah untuk menghindari pemborosan yang seharusnya tidak perlu terjadi. Dalam penyusunan alokasi ini, ada empat hal yang harus diperhatikan dan ditetapkan:
1. Penerimaan barang, yaitu orang yang menerima barang dan sekaligus mempertanggung jawabkannya sesuai dengan daftar barang yang diterima. Identitas orang yang menerima barang harus jelas. Identitasnya meliputi: nama lengkap, jabatan resmi di sekolah tersebut, nomor induk pegawai, dan alamat penerima.
2. Waktu penyaluran barang. Waktu penyaluran barang harus disesuaikan dengan kebutuhan barang tersebut, terutama yang berhubungan dengan proses belajar mengajar. Selain itu, penyaluran perlengkapan tergantung pada jenisnya. Untuk barang yang habis, seperti kapur tulis, harus dapat dengan mudah disalurkan ke kelas-kelas sehingga tidak menghambat jalannya aktivitas pendidikan. Sementara untuk barang-barang yang tidak habis dipakai dapat disalurkan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan keberadan barang yang tersedia. Apabila barang-barang yang ada pada bagian-bagian tertentu kurang dapat difungsikan lagi, perlu ada penggantinya, dan segera mendapatkan penyaluran barang-barang yang baru, sehingga enyaluran barang-barang habis pakai lebih bersifat swaktu-waktu biala diperlukan. Sebagai contohnya adalah papan tulis, lemari buku, meja kursi, bola voli dan sebagainya.
3. Jenis barang yang akan disalurkan kepada pemakai. Untuk mempermudah pengelolaan perlengkapan di sekolah ada beberapa cara dalam membedakan jenis perlengkapan yang ada pada sekolah, misalnya, dengan melihat penggunaan barang tersebut.
4. Jumlah barang yang akan didistribusikan. Dalam pendistribusian, agar keadaan barang yang sudah disalurkan dapat diketahui secara pasti dan dapat dikontrol, perlu ada ketegasan jumlah barang yang disalurkan. Yang perlu dicantumkan dalam jumlah barang ini adalah 
a. satuan hitungannya, misalnya: stel, sheet, atau eksemplar.
b. jumlah satuan, misalnya: 10 unit, 5 stel.
c. jumlah isi atau bagian dari masing-masing satuan, misalnya: 2 stel meja tamu @ 5 kursi.
d. harga satuan.
Berdasarkan keseluruhan uraian tentang pendistribusian di atas, dapat ditegaskan bahwa pada dasarnya ada dua sistem pendistribusian barang yang dapat ditempuh oleh pengelola perlengkapan sekolah, yaitu sistem langsung dan tidak langsung. Dengan menggunakan sistem pendistribusian langsung, berarti barang-barang yang sudah diterima dan diinventarisasikan langsung disalurkan pada bagian-bagian yang membutuhkan tanpa melalui proses penyimpanan terlebih dahulu. Sedangkan dengan menggunakan sistem pendistribusian tidak langsung berarti barang-barang yang sudah diterima dan diinventarisasikan tidak secara langsung disalurkan, melainkan harus disimpan terlebih dahulu di gudang penyimpanan dengan teratur. Hal ini biasanya digunakan apabila barang-barang yang lalu ternyata masih tersisa.
Sistem apapun yang digunakan oleh pengelola perlengkapan pendidikan di sekolah dasar tidak perlu dipersoalkan, asalkan memenuhi asas-asas dalam pendistribusian yang efektif. Ada beberapa asas pendistribusian ini yang perlu diperhatikan, yaitu asas ketepatan, asas kecepatan, asas keamanan, dan asas ekonomis. Namun seandainya digunakan sistem pendistribusian tidak langsung maka barang-barang yang perlu disimpan di gudang perlu mendapatkan pengawasan yang efektif. Dalam rangka mempermudah pengawasan perlu dibuatkan Kartu Stok Barang. Kartu Stok Barang tersebut dapat dibuat dari kertas manila yang berwarna dengan ukuran 20 cm (panjang) dan 14 cm (lebar). Setelah dibuat, kartu tersebut sebaiknya diletakkan dekat dengan barang.

BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Sarana pendidikan sebagai segala macam alat yang digunakan secara langsung dalam proses pendidikan. Sementara prasarana pendidikan adalah segala macam alat yang tidak secara langsung digunakan dalam proses pendidikan. pengadaan adalah kegiatan penyediaan semua jenis sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan pendidikan yang berlangsung di sekolah dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan pengadaan sarana dan prasarana untuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan perkembangan pendidikan ,menggantikan barang-barang yang rusak, hilang, di hapuskan, atau sebab-sebab lain yang dapat di pertanggung jawabkan. Proses pengadaan sarana dan prasarana pendidikan ada beberapa kemungkinan yang bisa ditempuh yaitu: Pembelian dengan biaya pemerintah, pembelian dengan biaya dari SPP. bantuan dari BP3, dan bantuan dari masyarakat. Menurut Bafadal, (2003:88) mendeskripsikan langkah-langkah perencanaan pengadaan perlengkapan pendidikan di sekolah sebagai berikut: (1) Menampung semua usulan pengadaan perlengkapan sekolah yang diajukan oleh setiap unit kerja dan atau menginventarisasi kekurangan perlengkapan sekolah. (2) Menyusun rencana kebutuhan perlengkapan sekolah dengan untuk periode tertentu, misalnya untuk satu triwulan atau satu tahun ajaran. (3) Memadukan rencana kebutuhan yang telah disusun dengan perlengkapan yang tersedia sebelumnya. (4) Memadukan rencana kebutuhan dengan dana atau anggaran sekolah yang tersedia. (5) Memadukan rencana atau daftar kebutuhan perlengkapan yang urgen dengan dana atau anggaran yang tersedia. (6) Penetapan rencana pengadaan akhir. Tujuan pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan, secara umum adalah memberikan fasilitas dan pelayanan  secara professional.
B. Saran
Untuk menunjang agar terselenggaranya kelengkapan dan kenyamanan sarana dana prasarana di sekolah yang lebih baik, seharusnya pihak sekolah mengontrol secara teliti keadaan, kelayakan, dan kenyamanan sarana dan prasarana di sekolah tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
----------. 2015. Manajemen Sarana dan Prasarana. (Online). (http//:www.asikbelajar.com/2015/04/manajemen-sarana-dan-prasarana.html) , diakses pada 26 Februari 2016.
Bafadal, I. 2014. Manajemen Perlengkapan Sekolah: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Gunawan, A. H. 1996. Administrasi Sekolah: Administrasi Pendidikan Mikro. Jakarta: Rineka Cipta.
Paramitha. 2015. Materi Pengadaan Sarana dan Prasarana. (Online). (http://paramitha938.blogspot.co.id/2015/05/materi-pengadaan-sarana-dan-prasarana.html) , diakses pada 26 Februari 2016.
Sahertian, A. P. 1987. Dimensi Administrasi Pendidikan di Sekolah. Malang: Mataram Muda.
Soetopo, H. dan Wasty, S. 1982. Pengantar Operasional Administrasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

2 Response to " "

  1. Dave Thames says:
    6 Desember 2018 pukul 16.18

    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

  2. Rai Vinsmoke says:
    6 Desember 2018 pukul 17.06

    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

Posting Komentar