KEKUASAAN (POWER) DALAM KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN


A. Latar Belakang Masalah
Konsepsi mengenai kepemimpinan tidak bisa dilepaskan dari kemampuan, kewibawaan, dan kekuasaan. Seorang pemimpin, karena status dan tugas-tugasnya pasti mempunyai kekuasaan. Kekuasaan merupakan kapasitas untuk mempengaruhi secara unilateral sikap dan perilaku orang kearah yang diinginkan.Konsepsi mengenai sumber kekuasaan yang telah diterima secara luas adalah dikotomi antara “position power”
Konsep kekuasaan sangat penting untuk memahami bagaimana orang mampu saling mempengaruhi dalam organisasi (Mitzberg, 1983; Pfeffer, 1981, 1992). Kekuasaan melibatkan kapasitas dari satu pihak (agen) untuk mempengaruhi pihak lain (target). konsep ini lebih fleksibel untuk digunakan dengan berbagai cara. Istilah ini mengacu pada pengaruh agen terhadap seseorang sebagai target, atau terhadap beberapa orang sebagai target. Terkadang istilah ini menunjukkan potensi pengaruh atas hal-hal atau peristiwa dan juga sikap serta perilaku. Terkadang kekuasaan didefinisikan dalam konteks relatif bukannya absolut, yang berarti batasan di mana agen tersebut mempunyai pengaruh lebih besar terhadap target dibandingkan dengan yang dimiliki target terhadap agen. Akhirnya, terdapat berbagai jenis kekuasaan, dan satu agen bisa mempunyai lebih banyak jenis dibandingkan agen lainnya.
Sangat sulit untuk menjelaskan kekuasaan dari suatu agen tanpa menyebutkan seseorang sebagai target, sasaran pengaruh dan periode waktunya. Seorang agen akan mempunyai lebih banyak kekuasaan atas beberapa orang dibandingkan orang lainnya dan mempunyai lebih banyak pengaruh bagi beberapa jenis masalah dibanding masalah lainnya. Selanjutnya, kekuasaan adalah variabel yang dinamis yang berubah bersamaan dengan perubahan kondisi. Bagaiman kekuasan digunakan dan hasil dari uasaha mempengaruhi dapat meningkatakan atau menjatuhkan kekuasaan seorang agen. Dalam buku ini istilah kekuasaan digunakan untuk menjelaskan kapsitas absolut seorang agen untuk mempengaruhi perilaku atau sikap sesorang atau lebih yang ditunjuk sebagai target pada satu waktu tertentu.
B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian kekuasaan?
2. Apa saja tipe dan sumber kekuasaan?
3. Apa hubungan kekuasaan dan komunikasi dalam pendidikan?
4. Bagaimana cara kekuasaan dapat diperoleh atau hilang?
5. Apa pentingnya kekuasaan dalam kepemimpinan pendidikan?
6. Apa persoalan kekuasaan dalam kepemimpinan pendidikan?

C. Tujuan 
1. Untuk mengetahui pengertian kekuasaan.
2. Untuk mengetahui tipe dan sumber kekuasaan.
3. Untuk mengetahui hubungan kekuasaan dan komunikasi dalam pendidikan.
4. Untuk mengetahui cara kekuasaan dapat diperoleh atau hilang.
5. Untuk mengetahui pentingnya kekuasaan dalam kepemimpinan pendidikan.
6. Untuk mengetahui persoalan kekuasaan dalam kepemimpinan pendidikan.


BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Kekuasaan
Di dalam sebuah kepemimpinan, tidak akan lepas juga dari istilah kekuasaan. Kekuasaan ini bersifat dominan, karena bila kekuasaan tidak ada dalam diri seorang pemimpin, maka kurang utuh wewenang dari pada pemimpin yang bersangkutan. Banyak ahli yang telah menyatakan definisi dari kekuasaan. Abdulsyani (2007:136) mengemukakan konsep kekuasaan dari berbagai pandangan para ahli, yaitu sebagai berikut: 
1. Max weber, mengemukakan bahwa: “kekuasaan adalah kemungkinan seorang pelaku mewujudkan keinginannya di dalam suatu hubungan sosial yang ada termasuk dengan kekuatan atau tanpa menghiraukan landasan yang menjadi pijakan kemungkinan itu”.
2. Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, menjelaskan bahwa adanya kekuasaan tergantung dari yang berkuasa dan yang dikuasai. 
3. Ralf dah Rendorf, mengemukakan bahwa: “kekuasaan adalah milik kelompok, milik individu dari pada milik struktur sosial”.
4. Soerjono Soekanto, mengemukakan bahwa: “kekuasaan diartikan sebagai suatu kemampuan untuk mempengaruhi pihak lain menurut kehendak yang ada pada pemegang kekuasaan tersebut”.
Selain pendapat para ahli di atas, Abdul Muiz mengungkapkan bahwa  kekuasaan dapat didefinisikan sebagai suatu potensi pengaruh dari seorang pemimpin. Kekuasaan seringkali digunakan silih berganti dengan istilah pengaruh dan otoritas.
Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (1988), menjelaskan bahwa kekuatan adalah tenaga, gaya atau kekuasaan. Sedangkan pengaruh adalah daya yang timbul dari sesuatu (orang, benda) yang ikut membentuk watak, kepercayaan atau perbuatan seseorang.
Berdasarkan beberapa pendapat telah dipaparkan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kekuasaan merupakan suatu kekuatan atau kemampuan yang dimiliki seseorang atau kelompok orang yang dapat mempengaruhi, menggerakkan orang lain baik secara langsung maupun tidak langsung sesuai dengan kehendak pemegang kekuasaan. Kekuasaan tidak diperoleh semata-mata dari tingkatan seseorang dalam hierarki organisasi, tetapi bersumber dari bermacam-macam psikologis kekuasaan.
Pemimpin yang tidak memiliki kekuasaan atau kekuatan tidak akan dianggap pemimpin oleh anggotanya. Oleh karena itu, seberapapun power penting bagi seorang pemimpin. Meskipun tidak sama dengan kewibawaan, namun paduan antara power dan kewibawaan, akan menjadikan pemimpin lebih tepat dan cepat dalam mencapai tujuan kelompok.

B. Tipe dan Sumber Kekuasaan
Upaya untuk memahami kekuasaan biasanya dengan membedakan berbagai tipe kekuasaan. French dan Raven (1959) membuat taksomoni untuk mengklasifikasikan berbagai tipe kekuasaan menurut sumbernya. Taksonomi ini memiliki tipe kekuasaan yang berbeda yaitu:
1. Kekuasaan yang memiliki legitimasi (Legitimate Power)
Kekuasaan yang berasal dari wewenang formal dari dalam aktivitas pekerjaan terkadang disebut “kekuasaan yang memiliki legitimasi” (French & Marven, 1959). Kepatuhan terhadap aturan dan perintah yang sah akan lebih mungkin terjadi pada anggota yang mengakui organisasi dan loyal terhadapnya. Kepatuhan ini juga akan lebih mungkin terjadi kepada anggota yang lebih mengalami internalisasi nilai yang tepat untuk mematuhi tokoh yang memiliki otoritas, menghormati hukum, dan mengikuti tradisi.
Manajer pada level yang lebih tinggi biasanya mempunyai wewenang lebih banyak dibandingkan dengan manajer dengan level yang lebih rendah, dan wewenang seorang manajer biasanya jauh lebih kuat dalam hubungannya dengan bawahan daripada hubungannya dengan teman sejawat, atasan atau pihak luar organisasi. Wewenang biasanya diterapkan melalui permintaan, perintah atau intruksi yang dikomunikasikan secara lisan atau tertulis.
2. Kekuasaan memberi penghargaan (Reward Power)
Kekuasaan memberi penghargaan adalah persepsi dari seorang target bahwa agen mempunyai kendali terhadap sumber daya yang penting dan penghargaan yang diinginkan oleh seorang target. Kekuasaan memberi penghargaan itu berasal dari bentuk wewenang formal untuk mengalokasikan sumber daya dan imbalan. Manajer biasanya memiliki lebih banyak kekuasaan memberikan penghargaan terhadap bawahan daripada terhadap rekan sejawat atau atasan (Yukl & Falbe, 1991). Kemungkinan batasan manajer atas kekuasaan atas memberi penghargaan adalah pada kebijakan formal atau persetujuan yang menentukan bagaimana penghargaan harus dialokasikan (Podsakoff, 1982).
Salah satu sumber kekuasaan memberi penghargaan dalam hubungan yang sejajar adalah ketergantungan teman sejawat dalam hal sumber daya, informasi, bantuan atau dukungan yang dibutuhkan untuk melakasanakan pekerjaan teman sejawat. Sumber lainnya bagi kekuasaan memberi penghargaan dalam level yang sejajar pada beberapa organisasi adalah sistem penilalian prestasi yang berkaitan dengan evaluasi dari rekan atau teman sejawat sebagai masukan dalam mengambil keputusan tentang kenaikan gaji atau promosi bagi manajer. Kekuasaan memberi penghargaan diterapkan dengan janji secara ekplisit atau implisit untuk memberikan sesuatu kepada seorang target yang digunakan agen sebagai kontrol dalam melaksanakan permintaan atau melakukan sebuah tugas.
3. Kekuasaan memaksa (Coercive Power)
Pemimpin yang menerapkan kekuasaan memaksa kepada bawahan membuat dasar pada wewenang memberi hukuman, yang memiliki variasi amat banyak pada berbagai organisasi berbeda. Dalam dua abad terakhir, secara umum terjadi penurunan penerapan legitimasi yang memaksa pada semua tipe pemimpin (Katz & Kahn, 1978). Sebagai contoh, manajer pernah mempunyai hak untuk memecat karyawan karena berbagai alasan yang mereka pikir benar.
Kekuasaan memaksa yang dimiliki bawahan terhadap atasan yang bentuknya bervariasi antara satu jenis organisasi dengan organisasi lainnya. Pada beberapa organisasi bawahan mempunyai kapasitas tidak langsung untuk mempengaruhi evaluasi kinerja atasan mereka. Kekuasaan memaksa diterapkan dengan mengancam atau memberi peringatan pada seseorang bahwa ia akan mendapat konsekuensi yang tidak menyenangkan jika tidak memenuhi permintaan, aturan atau kebijakan. Bentuk ancaman itu bisa ekplisit, atau mungkin hanya samar-samar di mana target akan menyesal bila gagal memenuhi apa yang diinginkan agen. Kemungkinan kepatuhan akan sangat besar saat ancaman itu dianggap memenuhi syarat dan target mempunyai keinginan kuat untuk menghindari hukuman. Yang tebaik adalah menghindari pemaksaan kecuali hal itu benar-benar dibutuhkan, karena hal seperti ini sulit untuk diterapkan dan mungkin mengakibatkan efek sampingan yang tidak diharapkan. Kekuasaan memaksa sering menimbulkan kemarahan atau kebencian, dan akhirnya mengakibatkan pembalasan. Dalam organisasi kerja, penggunaan pemaksaan yang tepat adalah untuk menghalangi perilaku yang mengganggu organisasi, seperti aktivitas ilegal, pencurian, pelanggaran peraturan keamanan, dan ketidakpatuhan langsung terhadap permintaan yang resmi.
4. Kekuasaan berdasarkan referensi (Referent Power)
Kekuasaan yang berdasarkan referensi diperoleh dari keinginan orang lain untuk menyenangkan perasaan seseorang yang kepadanya mereka memiliki perasaan kasih, penghormatan, dan kesetiaan yang kuat (French & Raven, 1959). Kekuasaan berdasarkan referensi akan meningkat dengan memperlihatkan perhatian dan kebutuhan terhadap orang lain, memperlihatkan kepercayaan dan penghargaan, serta memperlakukan orang secara adil. Kekuatan kekuasaan berdasarkan referensi akan cenderung meningkatkan pengaruh agen terhadap target meskipun tanpa dukungan yang eksplisit dari agen untuk meminta kekuasaan ini.
Cara lain untuk menerapkan kekuasaan berdasarkan referensi adalah melalui “model peran”. Seseorang yang disukai dam dikagumi akan mempunyai pengaruh besar terhadap orang lain dengan memberikan contoh perilaku yang tepat dan diinginkan agar dapat ditiru oleh mereka. Ketika identifikasi menguat, peniruan akan terjadi bahakan tanpa maksud sadar oleh agen. Karena orang juga meniru perilaku yang tidak diharapakan orang yang dikaguminya, maka penting untuk menyadari hal yang akan dijadikan contoh.
5. Keuasaan berdasarkan keahlian (Expert Power)
Pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan tugas adalah sumber utama kekuasaan personal di dalam organisasi. Kekuasaan ini akan semakin besar bila masalah yang dihadapi oleh target hanya bisa diselesaikan hanya oleh keahlian yang dimiliki oleh agen. Ketergantungan akan meningkat ketika target tidak dapat dengan mudah mendapatkan tempat bertanya yang lain selain agen (Hickson, Hinings, Lee, Schneck, & pennings, 1971; Patchen, 1974). Agen tidak cukup hanya memiliki keahlian; tetapi target harus mengakui keahlian ini dan merasa pemimpin akan menjadi sumber informasi dan tempat bertanya yang dapat diandalkan. 
Keahlian aktual dipelihara melalui proses kontinuitas pendidikan dan pengalaman praktisinya. Sebagai contoh, dalam berbagai profesi akan sangat penting untuk mendapatkan informasi mengenai perkembangan baru dengan membaca publikasi teknis serta menghadiri beberapa workshop dan seminar. Pengetahuan khusus dan keterampilan teknis akan tetap menjadi sumber kekuasaan hanya selama ada ketergantungan terhadap mereka yang memiliki pengetahuan dan keterampilan tersebut. Ketika agem memiliki banyak kekuasaan berdasarkan keahlian dan dipercaya menjadi sumber informasi dan nasihat yang dapat diandalkan, target dapat melaksanakan permintaan tanpa mendapatkan penjelasan untuk permintaan itu. Sebagai contoh, dokter memberikan resep obat kepada pasien yang tidak banyak tahu tentang obat.
6. Kekuasaan terhadap informasi (Information Power)
Sumber kekuasaan lain yang juga penting adalah kendali atas informasi. Tipe kekuasaan ini melibatkan akses terhadap informasi vital dan kendali atas distribusi informasi kepada orang lain (Pettigrew, 1972). Beberapa akses untuk informasi merupakan hasil kedudukan seseorang dalam jaringan komunikasi dalam organisasi. Posisi manajerial seringkali memberikan kesempatan untuk mendapatkan informasi yang tidak secara langsung tersedia bagi bawahan ataupun teman sejawat (Mintzberg, 1973, 1983). Batasan posisi peran (seperti pemasaran, pembelian, dan hubungan masyarakat) memberikan akses informasi penting mengenai informasi di lingkungan eksternal organisasi.
Pemimpin yang mengendalikan arus informasi vital mengenai peristiwa di luar organisasi memiliki kesempatan untuk menginterpretasikan peristiwa ini untuk bawahan dan mempengaruhi persepsi dan sifat mereka (Kuhn, 1963). Beberapa manajer mengubah informasi untuk membujuk orang lain melakukan serangkaian tindakan yang diharapkannya. Sebagai contoh, informasi yang diubah adalah mengedit laporan dan dokumen secara selektif, membiaskan interpertasi data dan menyampaikan informasi yang salah. Kendali atas informasi merupakan sumber pengaruh ke atas dan ke bawah serta kepada orang yang posisinya sejajar.

C. Hubungan Kekuasaan dan Komunikasi dalam Pendidikan
Komunikasi dan kekuasaan memiliki keterkaitan satu sama lain. Dengan kekuasaan yang dimiliki, maka seseorang akan mudah menyebarluaskan pesan (komunikasi) kepada orang lain. Biasanya kondisi ini dikarenakan sumber kekuasaan yang berasal dari information power, expert power, dan legitimasi power. Kekuasaan dapat menjadi kekuatan yang positif manakala dibagikan, digunakan dengan komunikasi yang baik. Dengan komunikasi, kekuasaan juga dapat menjadi positif untuk mencapai tujuan organisasi, karena komunikasi dengan kekuasaan akan tersebar atau tersalurkan dengan mudah dan efektif jika digunakan dengan prosedur yang benar.  
Komunikasi menitikberatkan pada gagasan pengiriman, penyebaran, dan pemberian informasi kepada orang lain untuk tujuan mengendalikan. Ada gagasan lain yang mengemukakan bahwa komunikasi bukan hanya alat tetapi sebagai sarana pikiran yaitu komunikasi dipakai untuk maksud tertentu seperti memberi instruksi, membujuk, atau memperoleh kekuasaan. Komunikasi dipandang sebagai mekanisme kekuasaan. Dalam konteks organisasi, komunikasi digunakan untuk menentukan tujuan, norma, dan perilaku organisasi. Manusia memiliki kekuasaan, melaksanakannya melalui komunikasi dan tindakan yang terorganisir. Selanjutnya komunikasi juga dipandang sebagai kekuasaan karena kemampuannya untuk menentukan hasil, pengetahuan, keyakinan, dan tindakan.
Manusia bertindak berdasarkan informasi yang ada serta pilihan atau alternatif yang disediakan oleh informasi tersebut. Komunikasi dalam suatu organisasi harus mencerminkan penggunaan kekuasaan yang bijaksana. Kekuasaan dalam kaitannya dengan komunikasi tercermin pada struktur organisasi. Strukur organisasi diciptakan, dipelihara, dipertahankan, dan ditransformasikan melalui proses komunikasi. Organisasi yang menghendaki inovasi dan perubahan yang positif dalam setiap aspek manajemennya akan melaksanakan komunikasi yang efektif dengan memberdayakan semua anggota. Dengan demikian, kekuasaan dapat menjadi kekuatan positif bila dibagikan, dikembangkan pada orang lain, dan digunakan secara bijaksana.

D. Cara Kekuasaan dapat Diperoleh atau Hilang
Kekuasaan bukanlah kondisi yang statis, selalu berubah seiring waktu yang disebabkan kondisi dan tindakan individu maupun kelompok. Ada dua teori yang menjelaskan cara kekuasaan dapat diperoleh atau hilang, yaitu (1) Teori pertukaran sosial yang menjelaskan cara kekuasaan diperoleh dan hilang saat terjadi proses saling mempengaruhi seiring waktu antara pemimpin dan bawahan dalam kelompok kecil. (2) Teori kontingensi strategis menjelaskan cara diperoleh dan hilangnya kekuasaan berbagai subunit dalam organisasi (misalnya, departemen fungsional atau divisi produksi) dan implikasi dari distribusi kekuasaan tersebut untuk efektivitas organisasi dalam lingkungan yang berubah.
1. Teori Pertukaran Sosial
Bentuk fundamental dari interaksi sosial adalah pertukaran manfaat atau bantuan, yang bukan hanya manfaat material, tetapi juga manfaat psikologis, seperti pernyataan persetujuan, respek, penghargaan, dan kasih sayang. Orang belajar untuk terlibat dalam pertukaran sosial mulai dari masa kanak-kanak, dan membentuk harapan mengenai pertukaran dan keseimbangan timbal balik. Beberapa versi teori pertukaran sosial telah diusulkan (Blau, 1974; Homas, 1958; Thibaut & Kelly, 1959), tetapi versi dari Hollander (1958, 1979) dan Jacobs (1970) adalah yang paling relevan karena lebih memperhatikan kepemimpinan secara lebih eksplisit.
Harapan dari anggota mengenai peran kepemimpinan apa yang harus dimiliki seseorang dalam kelompok terpengaruh oleh loyalitas orang itu dan kompetensi yang diperlihatkannya. Besarnya status dan kekuasaan yang sesuai bagi seseorang adalah proporsional terhadap evaluasi kelompok atas potensi kontribusi relatif orang tersebut dengan anggota lainnya. Kontribusi tersebut melibatkan pengendalian atas sumber daya yang langka, akses kepada informasi yang vital, atau keterampilan dalam menghadapi masalah tugas yang kritis.
Teori ini menekankan pada kekuasaan dan wewenang berdasarkan keahlian, dan bentuk lain dari kekuasaan tidak terlau dibahas. Bukti yang mendukung teori ini dapat dilihat dari penelitian kelompok kecil dengan metode laboratorium (Hollander, 1960, 1961, 1979), sementara diperlukan penelitian lapangan longitudinal mengenai proses pertukaran sosial pada pemimpin dalam organisasi besar untuk mengesahkan bahwa prosesnya sama.
2. Teori Kontingensi Strategis
Teori kontingensi startegis menjelaskan bagaimana subunit organisasi memperoleh atau kehilangan kekuasaan mempengaruhi keputusan yang penting seperti memilih pimpinan eksekutif, menentukan strategi kompetitif organisasi, dan mengalokasikan sumber daya di antara subunit dan aktivitas. Teori mendalilkan bahwa kekuasaan dari sebuah subunit tergantung tiga faktor: (1) keahlian dalam menanggulangi masalah yang penting, (2) sentralitas dari subunit dalam alur pekerjaan, dan (3) tingkat di mana keahlian dari subunit tersebut adalah unik, tidak dapat digantikan dengan yang lainnya.
Masalah dianggap kritis bila esensinya jelas berkaitan dengan kelangsungan hidup dan kekayaan organisasi. Tipe utama masalah dianggap penting bila terdapat tingkat ketergantungan yang tinggi antar subunit, dan subunit lainnya tidak dapat menjelaskan fungsinya kecuali masalah tersebut ditangani dengan efektif. Suatu pihak akan memperoleh kekuasaan besar atas keputusan penting jika fungsi utama tidak dapat dijalankan oleh orang lain tau menjadi lebih mudah dengan dibuatnya prosedur standar. Dengan kata lain, semakin unik atau tidak tergantikannya keahlian yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah kritis yang dihadapi, maka semakin besar kekuasaan yang diperoleh karena memiliki keahlian tersebut. Meningkatnya kekuasaan berdasarkan keahlian akan menghasilkan peningkatan legitimasi kekuasaan.
Dukungan terhadap teori ini dapat dijumpai pada beberapa studi (Brass, 1984, 1985; Hambrick, 1981a; Hills & Mahoney, 1978; Hinnings, Hikcson, Pennings, Schneck, 1974; Pfeffer & More, 1980; Pfeffer & Salancik, 1974). Akan tetapi, teori gagal untuk mempertimbangkan kemungkinan bahwa subunit atau koalisi yang memiliki kekuasaan dapat menggunakan kekuasaannya untuk melindungi posisi dominannya dalam organisasi dengan meningkatkan keahlian dan meniadakan saingan potensial yang dapat membuktikan keahlian lebihnya.

E. Pentingnya Kekuasaan dalam Kepemimpinan Pendidikan
Dalam konteks pendidikan adanya kekuasaan sangat diperlukan sebagai daya yang digunakan oleh seorang pemimpin pendidikan untuk kelancaran proses pendidikan agar tercapai tujuan dari pendidikan itu sendiri secara efektif dan efisien. Selain itu, kekuasaan seorang pemimpin akan sangat berdampak pada kinerja pengikutnya. Seorang pemimpin yang dapat menggunakan kekuasaannya dengan baik maka para pengikutnya akan merasa dihargai pekerjaannya dengan itu akan juga meningkatkan kinerja pekerjaannya. Dalam konteks pendidikan, jika seorang pemimpin menggunakan kekuasaanya secara bijaksana maka tidak khayal proses pendidikan akan berjalan dengan lancar dan terarah demi tercapainya tujuan pendidikan.

F. Persoalan Kekuasaan dalam Kepemimpinan Pendidikan
Kekuasaan merupakan kemampuan untuk melakukan sesuatu hal atau untuk mempengaruhi sesuatu. Dalam artinya yang paling umum, kekuasaan menunjukkan:
1.    Kemampuan, (baik yang digunakan, maupun tidak) untuk menimbulkan kejadian tertentu atau,
2.    Pengaruh seseorang atau kelompok melalui alat apapun juga atas kelakuan orang lain, sesuai dengan apa yang diinginkan.
Kekuatan adalah kemampuan untuk mempengaruhi kelakuan dengan cara-cara yang dipredeterminasi. Hanya kelompok–kelompok yang memiliki kekuasaan dapat mengancam untuk menggunakan kekuasaan, sedangkan ancaman tersebut merupakan kekuasaan. Kekuasaan hanya terdapat apabila ia bersifat efektif; ia merupakan kemampuan untuk mempengaruhi kelakuan dengan jalan membatasi alternatif-alternatif yang tersedia dalam situasi-situasisosial.
Kekuasaan terdapat pada organisasi-organisasi informal dan kelompok-kelompok informal. ia dapat didasarkan atas posisi, pengetahuan, kemampuan fisisk atau uang. Pada organisasi-organisasi formal, kekuasaan yang dilembagakan dinyatakan orang sebagai otoritas (authority). Kekuasaan yang mendasari macam-macam alat untuk mempengaruhi kelakuan di dalam organisasi-organisasi diklasifikasi orang dalam tiga kategori yakni: fisik, material, simbolis.
Kategori-kategori tersebut berhubungan dengan pendekatan-pendekatan koersif, utilitarian, dan normatif (normatisosial). Pada organisasi-organisasi tertentu, sebuah pistol, sebuah cambuk atau kekuatan fisiknya tak mungkin diperlukan untuk mempengaruhi dan mengendalikan kelakuan.
Imbalan material atasanksi-sanksi primer muncul dalam bentuk uang yang dapat digunakan untuk membeli barang dan jasa. Alat-alat simbolis untuk mempengaruhi kelakuan merupakan alat-alat yang bukan bersifat fisik atau material. Mereka primer berhubungan dengan prestise dan penghargaan (simbol-simbol normatif) atau cinta dan penerimaan (simbol-simbol sosial). Apabila seorang partisipan organisatoris didorong untuk memperbaiki hasil kerjanya maka digunakan kekuasaan normatif.

BAB III
KAJIAN EMPIRIS

A. Informasi Narasumber
1. Nama narasumber : Ibu Sriwati, S.Pd
2. Jabatan : Kepala Sekolah TK Bahagia Malang 

B. Menurut ibu, seberapa pentingnya kekuasaan dalam memimpin sebuah organisasi?
Jawaban: Kalau menurut saya, kekuasaan itu sangat relevan dengan sebuah jabatan. Artinya, jika seseorang mempunyai jabatan yang tinggi, maka orang tersebut mempuyai kekuasaan yang besar pada organisasi atau ruang lingkup pekerjaannya. Kekuasaan dalam memimpin organisasi itu sangat penting, karena semakin besar kekuasaan atau jabatan yang dimiliki oleh seseorang, maka semakin besar pula wewenang yang dimiliki.








BAB IV
PENUTUP

A. Kesimpulan

Dalam sebuah kepemimpinan, kekuasaan merupakan hal yang sangat penting untuk kelangsungan organisasi. Kekuasaan bersifat dominan, karena bila seorang pemimpin tidak memiliki kekuasaan, maka dia tidak akan dianggap seorang pemimpin oleh anggota organisasi. Kekuasaan tidak diperoleh semata-mata dari tingkatan seseorang dalam hierarki organisasi, tetapi bersumber dari bermacam-macam psikologis kekuasaan.
Kekuasaan memiliki beberapa tipe yang berasal dari sumber yang berbeda-beda. Dalam suatu organisasi, komunikasi sangatlah diperlukan, baik komunikasi antara atasan dengan bawahan maupun bawahan dengan bawahan. Karena dengan komunikasi maka pekerjaan dalam organisasi itu dapat terselesaikan dengan efektif dan efisien.
Kekuasaan yang dimiliki seseorang tidak selamanya akan bertahan. Kekuasaan itu bisa saja hilang, selalu berubah seiring waktu yang dapat disebabkan oleh kondisi dan tindakan individu maupun kelompok. Dua teori yang menjelaskan cara kekuasaan dapat diperoleh atau hilang adalah teori pertukaran sosial dan teori kontingensi strategis.
Dalam konteks pendidikan, kekuasaan sangat penting sebagai daya yang digunakan oleh seorang pemimpin pendidikan untuk kelancaran proses pendidikan agar tercapainya tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.

DAFTAR RUJUKAN


Makawimbang, J.H. kepemimpinan pendidikan yang bermutu

Mustiningsih. 2013. Pengantar Kepemimpinan Pendidikan. Malang: FIP UM.

Wahab, A & Umiarso. 2011. Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spiritual. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yuki, G. 2001. Kepemimpinan dalam Organisasi Edisi Kelima. Jakarta: PT. Indeks.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

2 Response to " "

  1. Dave Thames says:
    6 Desember 2018 pukul 15.33

    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

  2. Rai Vinsmoke says:
    6 Desember 2018 pukul 16.28

    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

Posting Komentar