CLASSROOM MANAGEMENT






MAKALAH
UNTUK MEMENUHI TUGAS MATAKULIAH 
 Sistem Belajar Mengajar
yang dibina oleh Bapak Prof. Dr. H. Muhammad Huda A.Y., M.Pd







oleh
Novita Rahayu
140131603678
















UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN
 2016


BAB II
PEMBAHASAN

A. Definisi Manajemen Kelas
Menurut Buford dan Bedeian dalam Sonhadji dan Huda (2014: 13), manajemen adalah proses pemanfaatan sumber daya manusia dan material secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu. Manajemen merupakan proses pemanfaatan sumber daya dan pengkoordinasian dan pengintregasian aktifitas-aktifitas dalam mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Menurut Hamalik, kelas adalah suatu kelompok orang yang melakukan kegiatan belajar bersama yang mendapatkan pengajaran dari seorang guru.
Manajemen kelas adalah beragam tingkah laku guru yang komples agar pembelajaran yang diberikan menjadi efektif dan efisien. Manajemen merupakan suatu hal yang dapat menciptakan peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran di kelas dan mengurangi atau mencegah tingkah laku peserta didik yang kontraproduktif dengan proses pembelajaran, sehingga guru dan peserta didik dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan efisien jika dilihat dari segi waktu. Tanpa adanya manajemen kelas yang efektif , maka kegiatan pembelajaran yang berlangsung di kelas dapat terganggu.
Manajemen kelas merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh guru dalam memutuskan, memahami, mendiagnosa, dan mengetahui masing-masing kemampuan individu. Manajemen kelas harus didasari oleh aspek-aspek yang perlu diperhatikan antara lain: sifat kelas, motivasi peserta didik di kelas,situasi atau keadaan di kelas, dan tingkat kreatifitas peserta didik. Manajemen kelas juga merupakan serangkaian perilaku guru dalam upaya untuk menciptakan dan menjaga kondisi kelas yang memungkinkan peserta didik dapat menerima pembelajaran dan mencapai tujuan pembelajaran secara efisien dan efetif.
Jadi, manajemen kelas merupakan upaya yang dilakukan oleh guru dalam menciptakan suasana pembelajaran di kelas agar tercipta pembelajaran yang efektif dan efisien. Manajemen kelas merupakan keterampilan guru untuk menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif dan mengendalikan situasi dalam pembelajaran yang sedang berlangsung.
Menurut Edmund T. Emmer, disiplin yang baik membutuhkan manajemen kelas, sehingga peluang jika terjadi penyimpangan yang dilakukan oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di kelas dapat diminimalisir oleh guru. Kunci dari disiplin yang baik adalah mencegah perilaku peserta didik yang menyimpang baik di dalam kelas maupun diluar kelas. guru harus secara aktif mengendalikan perilaku peserta didik yang menyimpang, agar perilaku kenakalan tidak meningkat.
Pentingnya manajemen kelas yang baik tidak dapat dipisahkan dari realita bahwa kesuksesan dari pembelajaran yang dilakukan oleh guru dipengaruhi oleh manajemen kelas yang baik. Para ahli berpendapat bahwa manajemen merupakan bagian dari instruksi atau prasyarat untuk petunjuk. Di sisi lain, ada hubungan erat antara manajemen dengan prestasi yang baik, perilaku dan sikap. Keterampilan dan teknik dalam memanajemen kelas sangat penting dimiliki oleh guru dalam memuali menerapkan manajemen kelas yang baik. Kemampuan seorang guru dalam memanajemen kelas dapat memberikan manfaat seperti, guru dapat mengontrol perilaku peserta didik, guru dapat meminimalisir penyimpangan perilaku peserta didik, guru dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan menyeimbangkan peran dalam evaluasi maupun penilaian terhadap peserta didik.
Emmer (1987) mendefinisikan bahwa manajemen kelas adalah sebagai satu set perilaku guru dan kegiatanyang diarahkan pada penyesuaian perilaku peserta didik agar tidak menyimpang. Ahli manajemen lain, Duke (1979), mendefinisikan pengelolaan kelas adalah ketentuan dan prosedur yang diperlukan untuk membangun dan memelihara situasi lingkungan kelas, yang mana guru memberikan instruksi ketika kelas berlangsung. Manajemen kelas yang baik adalah guru berupaya agar mencegah peserta didik jika terjadi penyimpangan yang tidak diinginkan dalam pembelajaran, seperti: tidak memperhatikan, tidak mengerjakan yugas, dan mengerjakan tugas namun tidak sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Pendekatan preventif(sebelum terjadi penyimpangan) merupakan salah satu upaya yang lebih baik dilakukan oleh guru. Keadaan kelas yang baik adalah keadaan dimana peserta didik secara aktif dapat menikuti pembelajaran tanpa ada penyimpangan perilaku peserta didik, sehingga pengajaran yang diberikan guru lebih efektif dan efisien.
Tidak mudah bagi seorang guru dalam menciptakan disiplin yang baik untuk memanajemen kelas, hal ini dikarenakan masih adanya diperlukanya kelompok mengajar. Seringkali peserta didik memiliki tugas individu atau kelompok yang sangat penting dalam meningkatkan keefektifan pembelajaran, namun banyak peserta didik yang belum paham bagaiman cara menyelesaikan tugas tersebut. Denscombe (1985) mencatat bahwa peserta didik tidak pasif, tindakan dan reaksi mereka sering tidak dapat diprediksi.dalam hal ini guru dapat mencairkan suasana dengan membuat lelucon yang sedukatif, bermain di kelas, bersenda gurau dengan berpacu pada pendidikan, hal ini merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi kejenuhan di dalam kelas.
Berikut ini adalah beberapa petunjuk dari pengelolaan kelas yang sering dilaksanakan dan direkomendasikan. Beberapa manajemen yang baik yang bisa dilakukan oleh guru agar menciptakan suasana kelas yang pembelajaranya efektif yaitu:
1. Menetapkan tujuan positif dan hubungan pembelajaran yang baik, menciptakan ketertiban, menyenagkan, dan pembelajaran dengan suasana yang lugas.
2. Sesuai dengan prinsip kebersamaan, jadi membiarkan peserta didik tahu bahwa guru mengetahui apa yang sedang terjadi.
3. Menetapkan aturan dan tata tertib di kelas yang jelas. Aturan merupakan standart untuk perilaku yang dapat diterima dan konsekuensi dari perilaku. Aturan diajarkan dan ditinjau dari awal tahun peserta didik masuk kelas.
4. Mengkondisikan peserta didik agar mereka bertanggung jawab atas perilaku dan tugas yang mereka emban.
Ada juga kelas organisasi, langkah yang perlu diambil oleh seorang guru dalam menciptakan kelas organisasi yaitu:
1. Mengatur ruang dengan pengawasan guru secara kontinyu.
2. Adanya transisi yang halus pada saat ada perubahan kegiatan pembelajaran.
3. Hiburan, merupakan kegiatan dengan menggunakan konten, tingkat pemikiran, media pembelajaran, dan lokasi pembelajaran guna mengurangi kejenuhan dan kebosanan.
4. Meniadakan kegiatan yang mengganggu pembelajaran seperti, teman yang sering melucu, suka berbicara, dan bentuk lainya yang sifatnya mengganggu.
Dalam hal kegiatan kelas, guru dapat melakukan upaya manajemen kelas sebagai berikut:
1. Memulai kelas dengan cepat dan sengaja, dengan berbagai persiapan yang telah direncanakan sebelumnya.
2. Memastikan peserta didik tahu apa yang harus dilakukan ketika telah selesai mengerjakan tugas.
Menanggapi perilaku atau penyimpangan, manajer kelas yang baik dapat melakukan hal berikut:
1. Guru mengabaikan perilaku yang belum dewasa dan tidak diharapkan di dalam kelas.
2. Memberikan humor atau peringatan sebelum memberikan hukuman,
3. Mengelola dengan disiplin yang cepat, yaitu dengan cara yang konsisten dengan aturan yang adil bagi seluruh peserta didik. Disiplin adalah netral, tidak memandang peserta didik , melainkan focus terhadap perilakunya. Menjatuhkan mental peserta didik dapat membuatnya malu, sehingga ini harus dihindari, contohnya: kekerasan atau teguran keras yang dilihat banyak temanya.

B. Strategi untuk Mencegah dan Menghentikan Perilaku Kenakalan
Salah satu upaya penelitian yang paling menyeluruh bertujuan untuk mengidentifikasikan prinsip-prinsip dan teknik manajemen kelas yang efektif proyek penelitian 5 tahun oleh Jacob Kounin. Prinsip-prinsip Kounin telah diuji coba berulang kali dalam studi terbaru dari karakteristik guru yang efektif dan manajemen kelas dengan baik. Berikut ini adalah beberapa poin dari strategi yang dimaksud, yaitu:
1. Kebersamaan dan Bertentangan
Menurut Kounin, sifat utama dalam manajemen yang baik dijsebut kesadaran, yaitu kemampuan untuk berkomunikasi kepada peserta didik mengenai guru mengetahui segala aktifitas yang ada di dalam kelas. guru mengetahui bagaimana keadaan di kelas, baik berupa perilaku penyimpangan peserta didik maupun pelanggaran yang dilakukan oleh peserta didik.
Evertson dan Emmer (1982) menyarankan bahwa guru harus dapat mengetahui keadaan peserta didik dengan prinsi kesadaran, yaitu dengan teknik melihat perilaku peserta didik di dalam kelas, hal tersebut dapat dilakukan dengan cara mengkondisikan kontak mata dengan peserta didik yang terlibat dalam perilaku yang menyimpang, sehingga penyimpangan tersebut dapat dikendalikan. Menurut Broker, manajer kelas yang efektif atau guru tidak sebagai pengendali perilaku menyimpang peserta didik.
Bertentangan atau saling berbeda adalah salah satu prinsip dari Kounin, yang berarti penanganan dua hal dalam satu kelas yang berbeda secara sekaligus, terutama menangani penyimpangan perilaku siswa tanpa mengganggu keaktifanb kegiatan belajar. 
Prinsip kesadaran dan bertentangan memiliki keterkaitan diantara keduanya. Peran guru dalam manajemen kelas yaitu dengan mengamati siswa dari belakang (withitness) dan guru juga mampu menangani dua hal yang berbeda secara sekaligus (overlapping).

2. Pemantauan dan Penanganan yang Cepat
Pemantauan merupakan kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam mengamati dan meneliti setiap hal yang dilakukan oleh siswa. Apabila terdapat indikasi penyimpangan perilaku di dalam pembelajaran yang sering disebut dengan kenakalan, maka guru dapat melakukan penanganan atas adanya perilaku kenakalan siswa pada kegiatan pembelajaran di kelas. berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan dalam kegiatan pemantauan, yaitu:
a. Guru dapat melakukan kontak mata dengan siswa yang melakukan pelanggaran atau kenakalan, hingga peserta didik tersebut berhenti melakukan kenakalan.
b. Guru mendekati siswa yang melakukan pelanggaran atau kenakalan di dalam kelas.
c. Guru memberikan kode agar siswa tersebut berhenti melakukan pelanggaran.
d. Guru dapat memanggil nama siswa yang melakukan pelanggaran dan menasehatinya.

3. Kehalusan dan Semangat
Kehalusan yang dimaksud adalah guru dalam melakukan pembelajaran atau nasehat yang diberikan kepada siswa harus secara perlahan, agar siswa perlahan mengikuti arahan dari guru, sehingga mereka dapat menerima apa yang diharapkan oleh guru. Sedangkan upaya yang dilakukan oleh guru adalah membangkitkan semangat belajar di dalam kelas, sehingga akan mengurangi ketidakhadiran dalam pembelajaran. Kounin menyebutkan ada kebiasaan yang dapat mengganggu prinsip kehalusan dan semangat, antara lain yaitu protes siswa, menerapkan prinsip tidak sepenuhnya, membatasi, penolakan oleh siswa dan berlebihan dalam mensugesti siswa.

4. Menyiagakan Kelompok
Artinya, guru membentuk sebuah kelompok yang bertujuan untuk mengantisipasi indikasi adanya kenakalan yang dilakukan oleh siswa di dalam pembelajaran yang sedang berlangsung.

C. Kejenuhan dalam Pembelajaran
Hal yang tidak mengherankan adalah kejenuhan ketika mendapatkan pengajaran yang monoton dan tidak bervariasi. Hal tersebut dapat menyebabkan kejenuhan, kebosanan, kurang perhatian atau tidak menyimak pembelajaran, tidak mengerjakan tugas, dan terjadi penyimpangan perilaku peserta didik. Beberapa tanda kejenuhan dan kebosanan yang sering dan semakin marak terjadi yaitu peserta didik lama atau berhenti mengerjakan tugas, melihat sekeliling ruang, bermain-main dengan benda disekitarnya, mengganggu teman sebangku, dan menulis catatan. Di lain pihak, kejenuhan akan terjadi lebih lambat jika peserta didik merasa memiliki kemajuan dalam pembelajaran yang baik dan mereka memahami materi pelajaran. Beberapa metode yang efektif untuk menangani hal tersebut antara lain:

1. Sebuah kegiatan diberbagai aktifitas dan konten
Perubahan dalam kegiatan belajar atau konten yang berbeda memiliki pengaruh yang besar dalam kegiatan pembelajaran. Dalam rangka melakukan perubahan dalam kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan perubahan konten, lokasi, konfigurasi kelompok, aktifitas siswa yang berbeda, alat peraga, fungsi intelektual, dan fungsi guru. Dalam sebuah studi dari 58 kelas SD di 22 kabupaten, Stodolsky, ferguson, dan Wimpelberg (1981) mengidentifikasi 16 jenis kegiatan sebagai berikut:

a. Tugas
b. Tugas individual
c. Diskusi
d. Tes
e. Film atau alat bantu audiovisual
f. Laporan siswa
g. Persiapan
h. Tugas beragam
i. Tilawah
j. Kuliah
k. Pemeriksaan
l. Grup
m. Isi
n. Member instruksi
o. Bimbingan belajar


Selain berbagai kegiatan tersebut, tentu ada juga variasi dalam konten pembelajaran, misalnya:

a. Buku laporan
b. Membaca di laboratorium
c. Game matematika
d. Menulis kreatif
e. Ejaan
f. Seni
g. Memasak
h. Music
i. Pendidikan jasmani
j. Merawat


2. Variasi dalam tingkat pemikiran
Tugas belajar yang berbeda menimbulkan perbedaan jenis dan tingkat kemampuan yang berbeda pulan. Dalam rangka meningkatkan minat dan tantangan kemampuan , Kounin menjelaskan bahwa:
a. Perhatian diperlukan untuk tugas seperti menyalin materi sederhana dan mendengarkan penjelasan guru.
b. Menggunakan dan melatih teknik belajar sederhana, seperti membaca sederhana lisan, mewarnai, dan pemantapan materi pelajaran.
c. Pemahaman terhadap materi  pelajaran yang telah diberikan.
d. Pengambilan keputusan yang untuk memecahkan masalah cerita aritmatika, mengkategorikan dan memecahkan teka-teki.
e. Siswa akan dilatih untuk berfikir kreatif melalui kegiatan analisi dan evaluasi suatu permasalahan.

3. Bahan dan alat bantu audiovisual
Alat bantu audiovisual memungkinkan untuk memberikan stimulus yang positif dalam menarik minat dan perhatian peserta didik pada saat mengikuti pembelajaran secara aktif. Dengan adanya penggunaan alat bantu pembelajaran, maka dapat meminimalisir kejenuhan peserta didik ada saat mengikuti pembelajaran di kelas. alat bantu yang dimaksud seperti: peta, grafik, permainan akademik, buku yang menarik dan lain- lain.

4. Bentuk kelompok, tindakan, kegiatan, dan tanggung jawab
Guru dapat bekerjasama dengan seluruh kelas atau sub kelompok atau memiliki siswa yang bekerja secara individual. Perubahan dalam berbagai bentuk dapat menimbulkan pembaharuan. Beberapa kegiatan kelompok besar adalah sebagai berikut:
a. Penjelasan atau demonstrasi oleh guru
b. Guru memimpin diskusi
c. Pertanyaan dan jawaban diskusi
d. Menunjuk siswa untuk mengerjakan di papan tulis
e. Presentasi oleh individu dan kelompok
f. Presentasi via film
g. Sesi asah otak
h. Karyawisata
Beberapa kegiatan kelompok kecil , meliputi:
a. Kelompok membaca
b. Bekerjasama dengan pusat pembelajaran
c. Percobaan penelitian
d. 
Beberapa kegiatan kelompok belajar secara individu meliputi:
a. Tugas membaca
b. Meneliti perpustakaansecara individual
c. Menjelajahi papan bulletin
d. Bekerja di pusat pembelajaran

5. Tempat atau lokasi
Kegiatan atau upaya yang terakhir adalah mengenai lokasi pembelajaran. Perubahan lokasi pembelajaran dapat mengurangi kejenuhan dan kebosanan peserta didik. Kounin (1970) mencatat bahwa berbagai kegiatan, konten, tingkat pemikiran, alat peraga dan pembentukan kelompoj merupakan hal yang paling penting bagi anak-anak di sekolah dasar. Secara keseluruhan, Kounin berpendapat bahwa pemrogam dilakukan untuk mengurangi kejenuhan dengan belajar berbagai hal yang terkait dengan dimensi yang signifikan terhadap manajemen kelas.

D. Pengaturan Fisik
Beberapa pengaturan fisik kelas dilakukan agar kondusif untuk kegiatan pembelajaran. Pada dasarnya pengaturanfisik berguna untuk memaksimalkan perhatian siswa, meminimalisir penyimpangan perilaku siswa, dan memudahkan guru dalam memantau perkembangan siswa.guru harus berupaya untuk memantau peserta didik ketika kegiatan pembelajaran sedang berlangsung, sehingga dimungkinkan tidak terjadi pengalihan perhatian siswa terhadap kelompok kecil yang melakukan penyimpangan perilaku pada saat pembelajaran berlangsung. 
Pola lalulintas dan posisi kelas juga harus diatur, sehingga pada saat pembelajaran sedang berlangsung, peserta didik tidak akan terganggu dengan keramaian yang ada diluar kelas. untukmengatur situasi kelas, Emmer (1987) membuat rekomendasi sebagai berikut:
1. Tempat duduk siswa harus diatur dengan memungkinkan pemantauan yang mudah dilakukan oleh guru, sehingga akan menghindari penyimpangan perilaku peserta didik.
2. Letak kursi peserta didik harus jelas dari pandangan guru.
3. Sering menggunankan daerah yang mudah diakses.
4. Jalur lalu lintar harus terbebas dari hambatan atau gangguan.
5. Peralatan dan bahan pembelajaran yang ada di kelas harus diletakkan strategis agar guru dan peserta didik dapat dengan mudah mengaksesnya.
Suatu penelitian menunjukkan bahwa peningkatan rasio peserta didik di suatu kelas dapat menyebabkan pengalihan focus, kurangnya perhatian, perilaku tidak mengerjakan tugas, ketidakpuasan, dan penurunan interaksi social yang positif (Shapiro, 1975: Silverstein, 1979). Penelitian ini telah di uji coba dan ditarik kesimpulan bahwa pengaturan tata ruang kelas atau manajemen yang baik dapat meningkatkan sikap positif, partisipasi dan prestasi peserta didik (Weinstein, 1979).

E. Pengaturan Awal Tahun Pelajaran
Pengaturan awal tahun yang nantinya akan menciptakan kesepakatan bersama sehingga guru akan disukai, dipercaya, dihormati dan menjadi daya tarik bagi peserta didik untuk belajar. Hubungan antara guru dan peserta didik dan interaksi yang positif merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan dan mengajarkan sikap positif terhadap peserta didik (Brophy: 1982). Namun perlu diingat bahwa tujuan utama adalah untuk mengajar dan mentransfer ilmu pengetahuan yang dimiliki. Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu diatur di awal tahun pembelajaran, yaitu:
1. Iklim 
Good and Brophy (1977) menerangkan bahwa guru harus menciptakan suasana kelas dan akademik yang ramah dengan cara berkomunikasi kepada peserta didik bahwa mereka menikmati pembelajaran yang diberikan, interaksi positif terhadap sesama. Guru berupaya agar peserta didik yang mengikuti pembelajran akan sukses dalam menerima materi pelajaran dan guru akan senantiasa membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam menyerap materi pelajaran dan memantapkan pemahaman terhadap materi pelajaran. 
Menurut harles (1983), lingkungan psikologis jauh lebih penting untuk prestasi, konsep diri, daripada keadaan lingkungan fisik sekolah. Hal tersebut dikarenakan, menciptakan suasana yang nyaman untuk peserta didik dan menciptakan rasa senang di psikologi peserta didik akan mempermudah guru dalam memberikan materi pelajaran. Oleh karena itu, guru harus berupaya untuk menciptakan dan memelihara lingkungan psikologis yang menyenagkan, hangat, dan mendukung. Guru juga dapat merencanakan kegiatan yang dapat membantu peserta didik menjadi lebih aktif dan kooperatif belajar bersama teman.
Sejumlah penelitian telah berfokus pada pentingnya kegiatan awal tahun , terutama mengetahui keinginan, perilaku siswa, menentukan norma yang berlaku dan menentukan iklim kelas yang sesuai dengan apa yang diharapkan oleh peserta didik. Emmer (1987) menyimpulkan bahwa jika guru tidak mengetahui secara pasti tentang perilaku apa yang yang dapat diterima oleh peserta didik dalam berbagai pembelajaran, maka hal tersebut sulit jika seorang guru ingin mengarahkan siswa agar tidak berperilku yang menyimpang.

2. Aturan
Menetapkan aturan merupakan menjelaskan alas an dibalik diberlakukanya aturan kepada peserta didik.turan yang ditetapkan harus sederhanadan jelas, dan aturan harus ditegakkan secara adil tanpa pandang bulu. Peserta didik harus memahami bahwa aturan akan membantu mereka dan guru dalam bekerjasama mengenai kegiatan pembelajaran. Salah satu teknik yang efektif agar aturan dapat sesuai dengan harapan peserta didik adalah dengan melibatkan peserta didik dalam pembuatan aturan. Nantinya peserta didik akan akan cenderung merasa bahwa aturan yang dibuat adalah adil, dan mereka memiliki komitmen untuk mematuhi aturan yang telah disepakati. Berikut ini adalah beberapa aturan yang dapat diterapkan, antara lain:
a. Perilaku pengacauan dikelas tidak akan ditolerir.
b. Selalu sopan setiap waktu.
c. Mendengarkan guru dengan seksama.
d. Tidak ada siswa yang berbicara ketika guru sedang menjelaskan.
e. Guru akan merubah kegiatan pembelajaran secara cepat.
Emmer merekomendasikan bahwa, seorang guru yang merumuskan yang menyusun aturan dalam kegiatan pembelajaran harus disesuaikan dengan daerah masing-masing. Dalam kategori kegiatan belajar mengajar, maka diperlukan aturan sebagai berikut:
a. Keseluruhan presentasi kelas.
b. Kelompok kecil yang di pimpin oleh guru dan aturan yang telah disepakati.
c. Kelompok kecil mandiri dan priyek kerja.
d. Tugas individu.
Di bidang prosedur, aturan diperlukan untuk:
a. Mendapatkan bantuan ketika guru sedang sibuk dengan kelompo kecil atau individu.
b. Membuat transisi antara kegiatan yang berkelanjutan.
c. Prosedur penilaian.
Menurut Emmer (1987), aturan juga diperlukan untuk membimbing bahwa daerah berikut yang berhubungan dengan penyelesaian tugas, antara lain:
a. Pembuatan dan prosedur kerja yang terkait dengan absensi peserta didik.
b. Melengkapi tugas latihan.
c. Membantu siswa yang mengalami kesulitan.
d. Membantu siswa yang mengalami kegagalan menyelesaikan pekerjaannya.
e. Memberikan umpan balik terhadap siswa yang mengalami kemajuan.

3. Pengarahan Peserta Didik
Salah satu manajemen strategi yang efektif dalam manajemen kelas adalah, mengarahkan siswa pada bakat yang dimilikinya. Guru akan meminta peserta didik secara individual atau kelompok untuk menyelesaikan tugas yang relative mudah yang nantinya akan menunjukkan kemampuan peserta didik. Berliner mengatakan bahwa guru ahli akan mengarahkan peserta didik sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. 

F. Penanganan Kenakalan 
Guru akan menciptakan suasana akademik dan sikap yang baik, sikap peserta didik yang baik, menjaga keterlibatan akademik yang tinggi, berhasil mengelola kelas, dan menjaga agar tidak terjadi penyimpangan perilaku peserta didik. Emmer menekankan bahwa kunci utama disiplin yang baik adalah mencegh perilaku peserta didik yang dapat mengganggu pembelajaran yang berlangsung. Berikut ini adalah beberapa penanganan dari kenakalan yang terjadi, antara lain:
1. Hukuman
Hukuman adalah penciptaan konsekuensi negative atas apa yang elah dilakukan oleh peserta didik. Hukuman diberikan agar peserta didik dapat mengurangi penyimpangan perilaku pada saat mengikuti mata pelajaran. Berikut ini beberapa pertimbangan dari diberikanya hukuman, antara lain:
a. Hukuman bisa secra fisik atau psikologis.
b. Hukuman yang berupa bentakan kepada siswa, biasanya tidak menghentikan penyimpangan perilaku, melainkan hanya memperlambat saja.
c. Hukuman tidak menunjukkan perilaku yang tepat.
d. Guru yang berteriak kepada siswa, akan menjadi contoh yang buruk.
e. Hukuman selalu memiliki efek samping yang tidak dikehendaki, seperi kecemasan, kemarahan, ketidakpercayaan dan permusuhan.
f. Pengaruh dari hukuman yang diberikan tidak dapat ditebak.
Emmer (1987) menjelaskan mengenai lima prinsip umum yang berhubungan dengan penggunaan hukuman di kelas, yaitu:
a. Hukuman harus secara logis dan berhubungan dengan perilaku peserta didik.
b. Hukuman yang bersifat jalan tengah, memiliki efektifitas yang sama dengan hukuman berat.
c. Hukuman harus berdasarkan pada upaya untuk membantu siswa dalam memahami masalah dan meningkatkan komitmen untuk berperilaku yang lebih baik.
d. Hukuman tidak boleh berlebihan.
Dalam memberikan hukuman, guru harus berupaya untuk memfokuskan perhatian pada merubah perilaku yang menyimpang, dan menghindari pemberian hukuman yang bersifat memalukan peserta didik di depan public, karena hal tersebut dapat mengganggu psikologis anak. Kredibilitas guru dalam menegakkan keadilan ketika memberikan hukuman juga sangat diperlukan agar kondisi kelas tetap efektif.

2. Mengabaikan dengan humor dan belajar empati
Dalam hal ini yang dimaksud dengan mengabaikan adalah ketika di suatu kelas terindikasi penyimpangan perilaku peserta didik yang sifatnya ringan, maka guru dapat berpura-pura tidak tahu, namun guru tetap memantau dan berupaya menghentikan penyimpangan tersebut dengan gurauan di dalam kelas. selain itu guru juga dapat memberikan pujian kepada peserta didik yang berperilaku baik, sehingga peserta didik yang melakukan penyimpangan dapat secara sadar merubah perilakunya.

3. Negosiasi pemecahan masalah dan investigasi
Ketika terjadi penyimpangan atau kenakalan anak did alma kelas, guru dapat melakukan investigasi mengenai bagaiman perilaku tersebut dapat terjadi. Setelah guru mengetahui permasalahanya, kemudian guru akan mencarikan sulusi untuik menangani masalah tersebut. 

G. Manajemen dan Disiplin di Lingkungan yang Kurang Menguntungkan
Manajemen dan disiplin di lingkungan yang kurang menguntungkan biasanya terjadi ketika peserta didik di kelas masih memiliki rasa tanggungjawab yang rendah terhadap tugasnya. Selain itu, mereka juga memiliki rasa hormat yang rendah terhadap guru, sehingga instruksi dan arahan yang diberikan oleh guru tidak dipedulikan. Berikut ini adalah beberapa manajemen yang perlu diterapkan, antara lain:
a. Memiliki aturna di kelas yang tegas.
b. Melatih siswa untuk disiplin masuk kelas.
c. Membutuhkan 100% perhatian .
d. Jangan membiarkan siswa untuk melewati area yang darurat, karena itu dapat mengganggu.
e. Jangan melarang siswa untuk dating ke meja guru.
Interaksi antara guru dan siswa yang dapa dilakukan yaitu:
a. Mengenali siswa dari awal masuk tahun pelajaran. 
b. Berbicara dengan lembut, tanpa teriakan, dan selalu bersemangat.
c. Memberikan instruksi dan arahan yang jelas.
d. Menghindari perilaku siswa yang terlibat dalam kegiatan yang tidak sesuai dengan pembelajaran.
e. Memastikan instruksiyang diberikan dapat dipahami oleh peserta didik.
Disiplin yang dapat diterapkan di kelas yaitu:
a. Konsisten terhadap disiplin yang diterapkan
b. Jangan membuat ancaman kepada peserta didik
c. Fleksibel
d. Tidak menghukum satu kelas akibat kesalahan satu peserta didik.
e. Jangan membuat satu kesalahan pribadi.
Ornstein merincikan pedoman pengelolaan kelas yang kurang menguntungkan yang terdiri dari kategori rutinitas sehari-hari, interaksi antara guru dan siswa, dan disiplin yang diterapkan.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

2 Response to " "

  1. Dave Thames says:
    6 Desember 2018 pukul 16.07

    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

  2. Rai Vinsmoke says:
    6 Desember 2018 pukul 16.34

    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

Posting Komentar