EVALUASIPENDIDIKAN
EVALUASI BERBASIS KELAS(PBK)
1. Pengumpulan data yang bersifat komprehensif thd proses dan hasil belajar siswa, sehingga memperoleh profil(4 kompetensi) kompetensi yang dimiliki peserta didik.
2. PBK dilaksanakan dengan cara:
a. Kumpulan hasil kerja mahasiswa(portofolio)
b. Hasil karya mahasiswa(produk)
c. Penugasan(proyek)
d. Kinerja mahasiswa(unjiuk kerja)
e. Tes tertulis
KOMPETENSI PD
1. Tes
2. Penilaian hasil karya
3. Penilaian penanganan proyek
4. Unjuk kerja
5. Penilaian sikap
6. Penilaian portofolio
PROSES EVALUASI PEMBELAJARAN
DEFINISI
1. AUTENTIK: pengukuran yang bermakan secara signifikan atas hasil belajar, untuk ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuan.
2. Assessment merupakan sinonim dari asli, nyata, valid,atau reliable.
3. Secara konseptual penilaian autentik lebih bermakan secra signifikan dibandingkan dengan tess.
PENILAIAN AUTENTIK DAN TUNTUTAN K13
1. Memiliki relevansi kuat terhadap pendekatan ilmiah dalam pembelajaran sesuai dngn k13
2. Penilaian mampu menggambarkan:
a. Peningkatan hasi belajar PD
JENIS PENILAIAN AUTENTIK
1. PENILAIAN KINERJA
Cara merekan hasil penilaian berbasis kinerja:
a. Daftar cek(praktik menerima tamu secara langsung)
b. Catatan anekdot/narasi(cerita singkat yang menarik)
c. Skala penilaian(menurut linkert, rentang nya adalah 7)
d. Memori atau ingatan
2. PENILAIAN PROYEK(jangka panjang)
Yang dinilai adalah mulai dari kegiatan proses dan hasil dari tes tersebut.
Hal yang perlu diperhatian guru dalam penilaian proyek:
a. Keterampilan PD dalam memilih topic , mencari dan mengumpulkan data, mengolah dan menganalisis, member makna atau informasi, dan menulis laporan.
b. Kesesuaian atau relevensi materi pembelajaran dg pengembangan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh PD.
c. Keaslian sebuah proyek pembelajaran yang dikerjakan atau dihasilkan oleh peserta didik.
3. PENILAIAN PORTOFOLIO(kumpulan berbagai tugas, segala macam yang dikerjakan PD dan konkret dan dikumpulkan diakhir yang sudah sesuai dg kesepakatan guru dan PD)
Merupakan penilaian yang atas kumpulan artefak yang menunjukkan kemajuan dan dihargai hasil karya tersebut. Penilaian berasal dari hasil kerja PD secara perorangan atau diproduksi scra kelompok,memerlukan refleksi PD, dan dievaluasi berdasarkan dimensi( kognitif, afektif, psikomotorik)
Langkah2 penilaian :
a.
4. PENILAIAN TERTULIS(cross sections: merupakan penilaian secara langsung sekaligus pada waktu itu juga, dan tidak dapat diulangi lagi)
Lebih mengarah pada penilaian tes tulis berbentuk uraian atau esai yang menuntut PD untuk mengingat, meahami, mengorganisasikan, menerapkan, menganalisis, mensintesis, mengevaluasi dll.
Untuk kurikulum 2013 berfokus pada penilaian autentik
Untuk KTSP mengarah pada:
a. Kumpulan hasil kerja mahasiswa(portofolio)
b. Hasil karya mahasiswa(produk)
c. Penugasan(proyek)
d. Kinerja mahasiswa(unjiuk kerja)
e. Tes tertulis
Standar nasional pendidikan ada 8:
1. Standar proses
2. Standar penilaian
3. Standar sarpras
4. Standar isi
5. Standar pembiayaan
6. Standar kompetensi lulusan
7. Standar SDM( tenaga kependidikan dan tenaga pendidik)
8. Standar pengelolaan
6 Desember 2018 pukul 16.34
ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
Promo Fans**poker saat ini :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^