PENGOLAHAN HASIL EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN (PENILAIAN ACUAN PATOKAN DAN PENILAIAN ACUAN NORMA)
MAKALAH
UNTUK MEMENUHI TUGAS MATAKULIAH 
Evaluasi Program Pendidikan
yang dibina oleh Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono., M.Pd. dan 
Imam Gunawan S.Pd., M.Pd.


Oleh
Adhe Kusuma Pertiwi
140131602849
Muhammad Habib Mustofa
140131603815
Novita Rahayu
140131603678
Sheila Fransisca Fortunata
140131602795




 



UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Februari 20116


DAFTAR ISI

Daftar Isi i
Daftar Tabel ii

Bab I Pendahuluan
A. Latar Belakang 1
B. Rumusan Masalah 1
C. Tujuan  2

Bab II Pembahasan
A. Hakikat Pengolahan Hasil Evaluasi Progam Pendidikan 
dan Pembelajaran 3
B. Penilaian Acuan Patokan (PAP) 3
C. Penilaian Acuan Norma (PAN) 6
D. Contoh Penilaian Acuan Patokan (PAP) 7
E. Contoh Penilaian Acuan Norma (PAN) 9
F. Kelebihan dan Kekurangan Penilaian Acuan Patokan (PAP) 11
G. Kelebihan dan Kekurangan Penilaian Acuan Norma (PAN) 12

Bab III Penutup
A. Kesimpulan 13
B. Saran  13

Daftar Rujukan 14

DAFTAR TABEL
       Halaman 
4.1 Contoh Kriteria Penilaian Acuan Patokan (PAP) 9



BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
Di dalam proses belajar mengajar pastilah aka ada evaluasi guna mengetahui sejauh mana tujuan/ target belajar tercapai.   Hasil evaluasi tersebut tertuang dalam nilai. Penilaian adalah bagian yang sangat penting dalam proses evaluasi. Penilaian hasil belajar pserta didik yang dilakukan oleh guru selain untuk memantau proses kemajuan dan perkembangan hasil belajar peserta didik sesuai dengan potensi yang dimiliki, juga sekaligus umpan balik kepada guru agar dapat menyempurnakan perencanaan dan proses program pembelajaran. Namun jika proses penilaian yang dilakukan oleh guru asal-asalan dan tanpa arah yang jelas, maka pada akhirnya akan menghasilkan informasi tentang hasil pencapaian pembelajaran peserta didik yang tidak akurat dan tidak sesuai dengan apa yang ada di lapangan.
Oleh karena itu adanya acuan dalam penilain mutlak harus ada. Keberadaan acuan dalam penilaian ini akan menjadi pembahasan dalam makalah ini. Hal ini menjadi penting karena berangkat dari kenyataan di lapangan bahwa masih banyak penilaian yang dilakukan oleh para pendidik hanya sebatas formalitas saja tanpa mengacu pada patokan yang telah ada. Sehingga dengan adanya penilaian acuan patokan ini guru dan siswa dapat mengetahui tingkat penguasaan materi yang telah diajarkan dan dipahami oleh siswa, setelah proses pembelajaran itu berlangsung selama kurun waktu tertentu.

B. Rumusan Masalah
1. Apa Hakikat Pengolahan Hasil Evaluasi Progam Pendidikan dan Pembelajaran?
2. Apakah pengertian dari Penilaian Acuan Patokan (PAP)?
3. Apakah pengertian dari Penilaian Acuan Norma (PAN)?
4. Bagaimana contoh Penilaian Acuan Patokan (PAP)?
5. Bagaimana contoh Penilaian Acuan Norma (PAN)? 


6. Apa saja Kelebihan dan Kekurangan Penilaian Acuan Patokan (PAP)?
7. Apa saja Kelebihan dan Kekurangan Penilaian Acuan Patokan (PAN)?

C. Tujuan 
Dari rumusan masalah di atas tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut:
1. Guna mengetahuihHakikat pengolahan hasil evaluasi progam pendidikan dan pembelajaran.
2. Guna mengetahui pengertian Penilaian Acuan Patokan (PAP).
3. Guna mengetahui pengertian Penilaian Acuan Norma (PAN).
4. Guna mengetahui contoh Penilaian Acuan Patokan (PAP).
5. Guna mengetahui contoh Penilaian Acuan Norma (PAN).
6. Guna mengetahui kelebihan dan kekurangan Penilaian Acuan Patokan (PAP).
7. Guna mengetahui kelebihan dan kekurangan Penilaian Acuan Norma (PAN).




BAB II
PEMBAHASAN

A. Hakikat Pengolahan Hasil Evaluasi Progam Pendidikan dan Pembelajaran. 
Menurut Wiyono dan Sunarni (2009: 47) slah satu langkah penting dalam mengadakan proses evaluasi adalah mengolah hasil evaluasi pembelajaran. Mengolah hasil evaluasi pembelajaran merupakan tindak lanjut dari kegiatan merencanakan dan melaksanakan kegiatan evaluasi.
Secara umum ada 2 jenis hal dalam melakukan evaluasi pembelajaran, yaitu: mengadakan penyekoran (scoring) dan memberikan nilai (grading). Memberikan skor yaitu mengadakan kuantifikasi terhadap hasil pekerjaan siswa atau peserta didik. Sedangkan memberikan nilai yaitu proses menerjemahkan skor hasil tes yang telah dikonversikan ke dalam klasifikasi evaluative berdasarkan norma dan kriteria tertentu. Nilai merupakan hasil ubahan dari skor yang telah disesuaikan pengaturanya dengan suatu standar tertentu.
Adapun berikut ini merupakan beberapa alas an yang mendasari perlunya kegiatan evaluasi menurut Wiyono dan Sunarni (2009: 47), yaitu:
1. Prestasi belajar cukup sulit diukur.
2. System evaluasi sering kurang searah dengan tujuan pendidikan.
3. Mengadakan penilaian mengharuskan guru atau pendidik untuk mengadili siswa.
Guru harus menjalin hubungan yang baik dengan siswa, namun guru juga dituntut untuk memberikan penilaian yang objektif terhadap siswa. Memberikan nilai rendah merupakan pekerjan yang tidak menyenangkan bagi guru, apalagi guru dan siswa sudah memiliki hubungan yang baik. Solusi dari hal tersebut adalah dengan mengadakan penilaian terhadap pekerjaan siswa secara benar dan tepat.

B. Penilaian Acuan Patokan (PAP)
Menurut Wahyu (1997:62), pendekatan penilaian yang menggunakan acuan patokan adalah pendekatan penilaian dimana sebelum dilaksanakan penilaian guru harus menetapkan terlebih dulu patokan yang akan dipakai sebagai sebagai pembanding terhadap semua hasil pengukuran yang dicapai siswa (skor). 


Patokan ini merupakan suatu patokan yang telah ditentukan sebelumnya sebagai batas lulus (penguasaan minimum). Patokan bersifat tetap, dan dapat dipakai oleh kelompok manapun. Penilaian Acuan Patokan (PAP) adalah model pendekatan penilaian yang mengacu kepada suatu kriteria pencapaian tujuan (TKP) yang telah ditetapkan sebelumnya. PAP merupakan suatu cara menentukan kelulusan siswa dengan menggunakan sejumlah patokan. Bilamana siswa telah memenuhi patokan tersebut maka dinyatakan berhasil. Tetapi bila siswa belum memenuhi patokan maka dikatakan gagal atau belum menguasai bahan pembelajaran tersebut. 
Menurut Bambang dan Sunarnipenilaian acuan patokan adalah penilaian yang dalam menginterpretasikan hasil pengukuran secara langsung didasarkan standar performansi tertentu yang ditetapkan sebelumnya, yang disesuaikan dengan tujuan instruksional pendidikan. Dalam penilaian ini, menggunakan prinsip belajar tuntas (mastery learning), sehingga patokan yang digunakan menunjukkan ketercapaian materi pelajaran yang dapat diserap oleh siswa. Dengan kata lain, penilaian acuan patokan merupakan penilaian dengan standar ketuntasan yang dapat dicapai oleh peserta didik. Derajat kesukaran soal test acuan patokan didasarkan atas berapa jauh tingkat prestasi belajar yang akan diukur. (Ismail, 2015)
Nilai-nilai yang diperoleh siswa dihubungkan dengan tingkat pencapaian penguasaan siswa tentang materi pembelajaran sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Sebagai contoh misalnya: untuk dapat diterima sebagai calon tenaga pengajar di perguruan tinggi adalah IP minimal 3,00 dan setiap calon harus lulus tes potensi akademik yang diadakan oleh lembaga yang bersangkutan. Berdasarkan kriteria di atas siapapun calon yang tidak memenuhi persyaratan di atas maka dinyatakan gagal dalam tes atau tidak diterima sebagai calon tenaga pengajar. Perlu dijelaskan bahwa kriteria atau patokan yang digunakan dalam PAP bersifat mutlak. Artinya kriteria itu bersifat tetap, setidaknya untuk jangka waktu tertentu dan berlaku bagi semua siswa yang mengikuti tes di lembaga yang bersangkutan. 
Kompetensi dirumuskan dalam tujuan pembelajaran dan merupakan arah, petunjuk dan pusat kegiatan dalam pengajaran. Tes memiliki peranan penting, karena guru akan mengetahui hasil belajar siswa. Hasil tes akan menunjukkan kualitas pembelajaran dan kuantitas siswa yang akan berhasil. Patokan yang digunakan untuk menentukan nilai tidak harus dalam bentuk persentase atau angka seperti diatas, bisa juga dalam bentuk suatu deskripsi. Contoh : tujuan pembelajaran : anak dapat menjelaskan letak wilayah Indonesia. Siswa dikatakan dapat menjelaskan letak wilayah Indonesia bila dapat:
1. Menyebutkan letaknya berdasar garis bujur dan garis lintang.
2. Menyebutkan batas-batasnya.
3. Menyebutkan lautan yang mengelilinginya.
Bila siswa dapat menjawab pertanyaan tersebut dengan benar dikatakan siswa telah lulus, bila belum dapat maka dinyatakan tidak lulus. Jadi penentuan patokan tidak harus baku, sangat fleksibel dan tergantung kepada tujuan pembelajaran yang dikehendaki. Jika ada pembakuan patokan biasanya berada dalam lingkup yang terbatas, misalnya dalam satu sekolah atau wilayah. Oleh karenahaa itu,  penggunaan pendekatan PAP dalam penilaian biasanya digunakan dalam belajaiatan yang  tuntas, yaitu suatu kegiatan yang menghendaki adanya ketercapaian tujuan pembelajaran yang disusun secara keseluruhan.
Penilaian beracuan patokan, sangat baik atau sangat cocok diterapkan pada tes-tes formatif, diamana guru ingin mengetahui sudah sampai sejauh manakah peserta didiknya telah terbentuk, setelah mereka mengalami pengajaran dengan jangka waktu tertentu. Dengan menggunakan PAP ini,guru dapat mengetahui beberapa orang siswa yang tingkat penguasaanya tinggi, sedang maupun rendah, maka guru tersebut akan dapat melakukan upaya-upaya yang dipandang perlu agar tujuan pengajaran dapat tercapai secara optimal. Namun PAP ini jangan digunakan dalam pengolahan atau penentuan nilai hasil tes sumatif, seperti pada ulangan umum dalam rangka mengisi raport, atau pada ujian akhir dalam rangka mengisi nilai ijazah maupun penentuan kelulusan seperti yang terjadi pada ujian akhir nasional yang banyak menuai kontroversi, karena penilaian acuan patoakan ini dalam penerapannya sama sekali tidak mempertimbangkan kemampuan kelompok (rata-rata kelas) sehingga dikatakan kurang manusiawi, maka dengan penerapan penilaian patokan dalan tes sumatif bias menyebabkan sebagian besar siswa dinyatakan tidak naik kelas.
C. Penilaian Acuan Norma (PAN)
Menurut Wahyu (1997:54), pendekatan penilaian dengan acuan norma adalah bilamana hasil belajar setiap anak dibandingkan dengan hasil belajar anak lain dalam kelompoknya. Pembanding yang dipakai adalah nilai rata-rata dan simpangan baku. Oleh karena itu PAN dikatakan sebagai sebagai suatu pendekatan “apa adanya”, dengan pengertian bahwa acuan pembandingnya semata-mata diambil dari kenyataan yang diperoleh ( rata-rata dan simpangan baku) kelompoknya pada saat penilaian dilakukan, dan sama sekali tidak dikaitkan dengan hasil pengukuran lain di luar itu.
Penilaian Acuan Norma (PAN) adalah penilaian yang dilakukan dengan mengacu pada norma kelompok atau nilai-nilai yang diperoleh siswa dibandingkan dengan nilai-nilai siswa lain dalam kelompok tersebut. Dengan kata lain PAN merupakan sistem penilaian yang didasarkan pada nilai sekelompok siswa dalam satu proses pembelajaran sesuai dengan tingkat penguasaan pada kelompok tersebut. Artinya pemberian nilai mengacu pada perolehan skor pada kelompok itu.
Penggunaan sistem PAN membiarkan siswa berkembang seperti apa adanya. Namun demikian guru tetap merumuskan Tujuan Khusus Pembelajaran (TKP) sesuai dengan tuntutan kompetensi. TKP yang berorientasi pada kompetensi tetap dipakai sebagai tumpuan dalam penyusunan evaluasi akan tetapi pada saat pemberian skor yang diperoleh siswa maka TKP tidak dipergunakan sebagai pedoman. Batas kelulusan tidak ditentukan oleh penguasaan minimal siswa terhadap kompetensi yang ditetapkan dalam TKP, melainkan didasarkan pada nilai rata-rata dan simpangan baku yang dihasilkan kelompoknya.
Penilaian acuan norma (PAN) merupakan pendekatan klasik, karena tampilan pencapaian hasil belajar siswa pada suatu tes dibandingkan dengan penampilan siswa lain yang mengikuti tes yang sama. Pengukuran ini digunakan sebagai metode pengukuran yang menggunakan prinsip belajar kompetitif. Menurut prinsip pengukuran norma, tes baku pencapaian diadministrasi dan penampilan baku normative dikalkulasi untuk kelompok-kelompok pengambil tes yang bervariasi. Skor yang dihasilkan siswa dalam tes yang sama dibandingkan dengan hasil populasi atau hasil keseluruhan yang telah dibakukan. Guru kelas kemudian mengikuti asas yang sama, mengukur pencapaian hasil belajar siswa, dengan tepat membandingkan terhadap siswa lain dalam tes yang sama. Seperti evaluasi empiris, guru melakukan pengukuran, mengadministrasi tes, menghitung skor, merangking skor, dari tes yang tertinggi sampai yang terendah, menentukan skor rerata menentukan simpang baku dan variannya. Berikut ini beberapa ciri dari PAN :
1. Penilaian Acuan Normatif digunakan untuk menentukan status setiap peserta didik terhadap kemampuan peserta didik lainnya. Artinya, Penilaian Acuan Normatif digunakan apabila kita ingin mengetahui kemampuan peserta didik di dalam komunitasnya seperti di kelas, sekolah, dan lain sebagainya.
2. Penilaian Acuan Normatif menggunakan kriteria yang bersifat “relative”. Artinya, selalu berubah-ubah disesuaikan dengan kondisi dan atau kebutuhan pada waktu tersebut.
3. Nilai hasil dari Penilaian Acuan Normatif tidak mencerminkan tingkat kemampuan dan penguasaan siswa tentang materi pengajaran yang diteskan, tetapi hanya menunjuk kedudukan peserta didik (peringkatnya) dalam komunitasnya (kelompoknya).
4. Penilaian Acuan Normatif memiliki kecendrungan untuk menggunakan rentangan tingkat penguasaan seseorang terhadap kelompoknya, mulai dari yang sangat istimewa sampai dengan yang mengalami kesulitan yang serius.
5. Penilaian Acuan Normatif memberikan skor yang menggambarkan penguasaan kelompok.

D. Contoh Penilaian Acuan Patokan (PAP)
Penilaian acuan patokan adalah penilaian yang dalam menginterpretasikan hasil pengukuran secara langsung didasarkan standar performansi tertentu yang ditetapkan sebelumnya, yang disesuaikan dengan tujuan instruksional pendidikan. Dalam penilaian ini, menggunakan prinsip belajar tuntas (mastery learning), sehingga patokan yang digunakan menunjukkan ketercapaian materi pelajaran yang dapat diserap oleh siswa. Dengan kata lain, penilaian acuan patokan merupakan penilaian dengan standar ketuntasan yang dapat dicapai oleh peserta didik. Derajat kesukaran soal test acuan patokan didasarkan atas berapa jauh tingkat prestasi belajar yang akan diukur.
Contoh lain misalkan Universitas Negeri Malang mempunyai penilaian acuan patokan nilai sebagai berikut:
Nilai 80 s.d. 100 : A = 4
Nilai 65 s.d. 79  : B = 3
Nilai 55 s.d. 64  : C = 2
Nilai 40 s.d. 54   : D = 1
Nilai kurang dari 40   : E = 0 ( Tidak lulus).
Dan ditentukan batas passing grade sebesar 55 atau C, artinya mahasiswa yang belum menguasai pengetahuan dan keterampilan yang dituntut suatu mata kuliah sekurang kurangnya 55 %, belum dapat dinyatakan lulus dan harus mengikuti ujian ulang. Dan mahasiswa yang mendapat nilai 0- 39 berarti gagal atau tidak lulus dan harus mengikuti kuliah kembali mata kuliah itu pada semester berikutnya. Pendidik tidak lagi menilai sesuai dengan apa adanya melainkan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan sejak proses belajar mengajar akan dimulai. Pendidik yang menggunakan acuan patokan dituntut selalu mengarahkan, membantu dan membimbing  peserta didik ke arah penguasaan minimal sejak dimulai, berlangsungnya dan sampai pada proses belajar-mengajar itu selesai. Perlu kiranya bahwa kriteria atau patokan yang digunakan dalam PAP bersifat mutlak, artinya kriteria itu bersifat tetap , setidak-tidaknya untuk beberapa tahun dan berlaku untuk semua peserta didik.
Untuk menentukan batas lulus (passing grade) dengan pendekatan ini, setiap skor peserta didik dibandingkan dengan skor ideal yang mungkin dicapai oleh peserta didik. Misalnya dalam suatu tes di tetapkan skor idealnya  120, Contoh : diketahui skor 10 orang peserta didik dalam bidang studi bahasa arab sebagai berikut : 
Dengan rumus :Nilai = Skor mentah                x 100  
                            Skor maksimum ideal
Kemudian nilai yang telah dicapai siswa diterjemahkan menjadi nilai huruf dengan patokan :

80 ke atas : A
66-79 : B
56-65 : C
46-55 : D
45 ke bawah : E

NO
SKOR MENTAH
NILAI
NILAI HURUF
1
60
60/120X100=50
D
2
80
80/120X100=67
B
3
75
75/120X100=62
C
4
59
59/120X100=49
D
5
85
85/120X100=71
B
6
40
40/120X100=33
E
7
43
43/120X100=36
E
8
71
71/120X100=59
C
9
55
55/120X100=46
D
10
57
57/120X100=47
D












Table 4.1 contoh kriteria penilaian acuan patokan (PAP)

Dari hasil tersebut tidak seorangpun yang mendapat nilai A, yang mendapat B 2 orang (20%), C 2 orang (20%), D 4orang (40%), E 2 orang (20%). Perlu diperhatikan bahwa nilai yang penentuannya di dasarkan pada standar mutlak sebenarnya merupakan angka prosentase (%) mengenai tingkat kedalaman atau penguasaan siswa terhadap materi. Jadi, jika seorang siswa  mendapat nilai 50 maka siswa tersebut mampu memahami sebanyak 50%, separuh dari tujuan instruksional khusus yang telah ditentukan.

E. Contoh Penilaian Acuan Norma (PAN)
Menurut Wahyu (1997: 54), pendekatan penilaian dengan acuan norma adalah bilamana hasil belajar setiap anak dibandingkan dengan hasil belajar anak lain dalam kelompoknya. Pembanding yang dipakai adalah nilai rata-rata dan simpangan baku. Oleh karena itu PAN dikatakan sebagai sebagai suatu pendekatan “apa adanya”, dengan pengertian bahwa acuan pembandingnya semata-mata diambil dari kenyataan yang diperoleh ( rata-rata dan simpangan baku) kelompoknya pada saat penilaian dilakukan, dan sama sekali tidak dikaitkan dengan hasil pengukuran lain di luar itu.
Contoh: sekelompok siswa kelas VI sekolah dasar yang berjumlah 10 anak mendapat skor ujian IPS, seperti berikut:
60; 55; 50; 45; 45; 40; 40; 35; 30; 25;
Dari rangkaian skor ini diketahui bahwa skor tertinggi adalah 60 dan skor terendah adalah 25. Dengan menggunakan pendekatan PAN nilai tertinggi akan diberikan kepada peraih skor tertinggi, misalnya 10 diberikan kepada peraih skor 60, demikian seterusnya yang secara proporsional akan berderet 10, 9, 8, 7, 7, ..., 3.
Cara lain yang bisa digunakan dalam menentukan nilai dengan rentang yang sama (1-10) adalah:
Jika skor tertinggi yang dicapai siswa (60) diberikan nilai 10, maka nilai untuk skor:
        55
55 adalah  x 10 = 9,1
                    60

        50
50 adalah  x 10 = 8,3
                    60

        55
45 adalah  x 10 = 7,5
                    60
dan seterusnya.
Dengan demikian pemberian nilai dengan menggunakan sistem PAN dapat diterapkan pada setiap model tes yang ada, dalam kelompok manapun, dan dengan berbagai kadar prestasi yang dicapai siswa.




F. Kelebihan dan Kekurangan Penilaian Acuan Patokan (PAP)
Patokan bersifat tetap, dan dapat dipakai oleh kelompok manapun. Penilaian Acuan Patokan (PAP) adalah model pendekatan penilaian yang mengacu kepada suatu kriteria pencapaian tujuan (TKP) yang telah ditetapkan sebelumnya. PAP merupakan suatu cara menentukan kelulusan siswa dengan menggunakan sejumlah patokan. Menurut Prihastuti dan Ningsih, ada beberapa kelebihan dari PAP yaitu:
1. Dapat membantu guru merancang program remidi.
2. Tidak membutuhkan perhitungan statistic yang rumit.
3. Dapat mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.
4. Nilainya bersifat tetap selama standar yang digunakan sama. 
5. Hasil penilaian dapat digunakan untuk umpan balik atau untuk mengetahui apakah tujuan pembelajaran sudah tercapai atau belum.
6. Banyak digunakan untuk kelas dengan materi pembelajaran berupa konsep.
7. Mudah menilai karena ada patokan. 
8. Hanya terdiri dari soal-soal tes yang didasarkan pada tujuan khusus pembelajaran.
9. Setiap tes mempunyai prasarat agar siswa menunjukkan patokan seperti yang tercantum. 
10. Dasar pertimbangan untuk diterimanya patokan tertentu harus berdasarkan pada kriteria tertentu.
11. Mementingkan butir tes sesuai dengan perilaku (tujuan pembelajaran).
12. Standar performance ditentukan dalam bentuk tingkah laku.
13. Pengukur performance dalam menempuh tes didasarkan pada standar performance yang telah ditetapkan.
14. Distribusi nilai tidak menyerupai kurve normal.
15. Didasarkan pada batas kelulusan.

Sedangkan kekurangan dari PAP adalah sebagai berikut:
1. Relatif agak rumit, karena perlu waktu untuk menyetujui sebuah kriteria dan standar.
2. Berisiko mengembangkan daftar nama kriteria yang berlianan.
3. Lebih menekankan hasil daripada proses.
4. Peringkat dapat dinyatakan dengan tidak sebenarnya secara positif/negative.
5. Kadang akademisi kurang kompeten dan percaya diri untuk membuat penilaian professional.
6. Tidak mudah bagi akademisi untuk mengubah kebiasaan dari menilai berdasarkan referensi norma menjadi referensi kriteria.
7. Pikiran bahwa hanya persentase kecil yang memperoleh ranking rendah, dan sebaliknya, pasti mereka yang di pendidikan tinggi yang memperoleh ranking tinggi.
8. Siswa/mahasiswa dapat mempertanyakan nilai mereka.

G. Kelebihan dan Kekurangan Penilaian Acuan Norma (PAN)
Menurut Prihastuti dan Ningsih, Kelebihan dari PAN antara lain yaitu:
1. Dapat digunakan untuk menetapkan nilai secara maksimal.
2. Dapat membedakan kemampuan peserta didik yang pintar dan kurang pintar.
3. Fleksibel : dapat menyesuaikan dengan kondisi yang berbeda-beda.
4. Mudah menilai karena tidak ada patokan.
5. Dapat digunakan untuk menilai ranah kognitif, afektif dan psikomotor.
Sedangkan kurangan PAN adalah sebagai berikut: 
1. Sedikit menyebutkan tujuan pembelajaran atau kompetensi siswa/mahasiswa: apa yang mereka ketahui atau dapat mereka lakukan.
2. Sedikit menyebutkan kualitas pembelajaran.
3. Tidak fair karena peringkat siswa/mahasiswa tidak hanya tergantung pada tingkat prestasi, tetapi juga atas prestasi siswa/mahasiswa lain.
4. Tidak dapat diandalkan: siswa/mahasiswa yang gagal sekarang mungkin dapat lulus pada tahun berikutnya.
5. Tidak fair, khususnya pada kelompok kecil. Referensi ini dapat menyebarkan peringkat, memperbesar-besarkan perbedaan dalam prestasi, dan menekan berbagai perbedaan.
6. Kurang transparan, karena hasil penilaian akhir tidak diketahui para mahasiswa


BAB III
PENUTUP


A. KESIMPULAN
Berdasarkan pemaparan di atas maka dapat di tarik kesimpulan bahawa Penilaian Acuan Patokan (PAP) merupakan penilaian yang membandingkan skor yang diperoleh peserta didik dengan suatu standar atau norma Absolut. patokan yang dimaksud adalah patokan yang telah ditetapkan terlebih dahulu sebelum kegiatan belajar berlangsung. Dalam PAP ini, menggunakan prinsip belajar tuntas (mastery learning), sehingga patokan yang digunakan menunjukkan ketercapaian materi pelajaran yang dapat diserap oleh siswa. Dengan kata lain, penilaian acuan patokan merupakan penilaian dengan standar ketuntasan yang dapat dicapai oleh peserta didik. 
Penilaian Acuan Norma (PAN) merupakan penilaian yang membandingkan skor  yang diperoleh peserta didik dengan standar atau norma relatif. Artinya, selalu berubah-ubah disesuaikan dengan kondisi atau kebutuhan pada waktu tertentu. Penilaian ini biasanya digunakan apabila kita ingin mengetahui kemampuan peserta didik di dalam komunitasnya seperti di kelas, sekolah, dan lain sebagainya. PAN dikatakan sebagai sebagai suatu pendekatan “apa adanya”, dengan pengertian bahwa acuan pembandingnya semata-mata diambil dari kenyataan yang diperoleh ( rata-rata dan simpangan baku) kelompoknya pada saat penilaian dilakukan, dan sama sekali tidak dikaitkan dengan hasil pengukuran lain di luar itu.
Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa Penilaian Acuan Patokan (PAP) merupakan penilaian yang mengukur kemampuan siswa dengan membandingkan hasil belajar dengan patokan nilai yang telah ditentukan sebelumnya. Sedangkan Penilaian Acuan Norma (PAN) merupakan penilaian yang disesuaikan dengan apa adanya yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik.

B. SARAN 
Sebaiknya dalam penerapan kriteria penilaian dengan PAP terlebih dahulu menetapkan patokan nilai yang menyesuaikan kemampuan siswa. Sedangkan dalam menerapkan PAN berdasarkan pada norma dan kondisi siswa.
DAFTAR RUJUKAN

Ismail. 2015. Penilaian Acuan Patokan (Pap) Assesmen/Evaluasi Pembelajaran. (Online).(http://makalahpendidikanislamismail.blogspot.co.id/2015/06/penilaian-acuan-patokan-pap.html), diakses 10 Februari 2016.
Prihastuti & Ningsih, E. ---. Materi PAN dan PAP. (Online). (www.staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/Prihastuti-20Ekawatiningsih,-20S.Pd.,M.Pd./MATERI-20PAN-PAP.pdf), diakses 16 Februari 2016.
Wahyu, N. 1997. Evaluasi Hasil Belajar Untuk Sekolah Dasar. Malang: Depdikbud.
Wiyono, B. B &Sunarni. 2009. Evaluasi Progam Pendidikan dan Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang.




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

2 Response to " "

  1. Dave Thames says:
    6 Desember 2018 pukul 16.17

    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

  2. Rai Vinsmoke says:
    6 Desember 2018 pukul 17.03

    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

Posting Komentar